Gubernur Sumsel Ajak Seluruh Pihak Gelorakan Bertani

Muara Enim - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak seluruh pihak untuk menggelorakan semangat bertani.

Hal itu dikatakan Herman Deru, saat membuka langsung Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan ( PEDA KTNA) XIV Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumsel yang dipusatkan di Semende Raya, Kabupaten Muara Enim tepatnya di Lapangan Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Senin (15/11).

"Kenapa kita harus memprioritaskan pertanian karena terbukti hanya di bidang pertanian yang dapat  menunjukkan angka ekspor yang stabil di masa pandemi saat ini dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaga eksistensi tersebut," terang HD, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, gubernur Sumsel mengajak para petani dan nelayan agar dapat memaknai PEDA KTNA ini sebagai sarana untuk sharing bertukar pengalaman, menyatukan langkah guna peningkatan kuantitas dan kualitas serta keamanan produk lokal pangan lokal guna mewujudkan Sumsel sebagai lumbung pangan nasional.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim tentunya berkomitmen mendukung cita-cita Bapak Gubernur untuk mewujudkan Sumatera Selatan sebagai lumbung pangan dan food estate nasional. Oleh sebab itu, Pemkab Muara Enim telah menetapkan lahan pertanian berkelanjutan seluas 16.512 hektar yang tersebar di 17 kecamatan yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2020 tentang Rencana Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Turut hadir, Ketua Umum KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor serta Ketua KTNA Provinsi Sumsel HM Basyir DA.