KI Sulsel Apresiasi Hadirnya Gedung Pusat Informasi Publik Pangkep

Pangkep -  Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi selatan mengapresiasi hadirnya gedung Pusat Informasi Publik di Kabupaten Pangkep. Hal itu disampaikan oleh ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel Fahir Halim saat meninjau langsung gedung Pusat Informasi Publik Kabupaten Pangkep, Senin (15/11).

Menurutnya, gedung ini sudah sangat refresntatif untuk sebuah kantor pelayanan secara terpadu. Fasilitas dan kelaiakan hampir lengkap.

“Penampakan fisiknya sudah sangat luar biasa. Tempatnya juga sangat strategis,” tambahnya.

Terkait tujuannya ke Pangkep, ujar Fahir, dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi kabupaten/kota se-Sulsel.

"Pangkep masuk salah satu kabupaten yang dipandang cukup administrasi dan dipandang perlu untuk divisitasi untuk pembuktian faktual," jelasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Pangkp berada pada urutan keenam keterbukaan informasi publik se-Sulsel.

“Saya kira tahun ini bisa lebih maju, karena progresnya memang kelihatan. Banyak perubahan signifikan untuk menandakan bahwa Pangkep berbeda dengan kabupaten lain,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Pangkep Baharuddin mengatakan, kunjungan komisioner KI Sulsel ini merupakan bagian dari evaluasi pemeringkatan keterbukaan informasi 2021.

"Kegiatan ini, merupakan rangkaian dari presentasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Daerah yang masuk 11 besar akan divisitasi, melihat secara langsung kegiatan layanan informasi publik di PPID Pangkep," ujarnya.

“Jadi, komisioner KI Sulsel menyampaikan, kemajuan layanan informasi publik di Pangkep dari tahun ke tahun terus meningkat. Mereka juga mengapresaiasi adanya gedung yang disiapkan oleh Pemda sekaitan dengan layanan informasi publik,” sambung Baharuddin.

Selain itu, Baharuddin menjelaskan bahwa gedung Pusat Informasi Publik akan dilengkapi PPID, PangkepTV, radio dan pengaduan.

"Ini langkah yang positif menurut mereka. Kita berharap ke depan, Pangkep masuk jajaran kabupaten/kota yang bisa mendapatkan penghargaan dari komisi informasi provinsi. Ini suatu kemajuan bagi kita semua. Ke depan, kita akan tingkatkan hingga ke tingkat desa,” pungkasnya.