Pemkab Sigi Bahas Beban Biaya PJU yang Tinggi

Sigi - Bupati Sigi, Mohamad Irwan bersama Wakil Bupati Sigi, Paulina, dan Pimpinan OPD terkait menerima kunjungan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala dalam rangka studi banding tentang Pengelolaan Penerangan Jalan Umum di Kabupaten Sigi bertempat di Aula Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kamis (7/5).

Salah satu pembahasan dalam rapat tersebut adalah melonjaknya beban biaya penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Donggala.

Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Aidil Nu, berujar, untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya terus melakukan peninjauan lapangan serta studi banding ke Kabupaten Sigi. Kabupaten Sigi merupakan daerah yang berhasil melakukan terobosan dalam menekan biaya listrik PJU.

Di tempat serupa, Bupati Sigi, Mohamad Irwan menegaskan, salah satu permasalahan yang harus diselesaikan diawal kepemimpinannya adalah utang listrik daerah kepada PT PLN (Persero)

Mengatasi permasalahan tersebut, Pemda Sigi bekerja sama dengan PT Solarens Ledindo untuk mengganti lampu jalan konvensional menjadi LED agar hemat energi dan biaya.

Pemasangan PJU di Kabupaten Sigi menggunakan titik kordinat sehingga mempermudah melakukan kontrol terhadap setiap lampu, baik dari segi kondisi maupun biaya. Titik kordinat PJU yang digunakan juga memudahkan tim BPK RI guna melakukan pemeriksaan terkait PJU di kabupaten tersebut.

Dengan demikian, BPK RI dapat merekomendasikan daerah lain agar menggunakan lampu hemat energi.