Siti Wasilah Dikukuhkan Sebagai Ketua Dekranasda Banjarmasin

Banjarmasin - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan Raudatul Jannah melantik Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah dengan masa jabatan 2021-2024. Pelaksanaan tersebut ditandai dengan penandatanganan yang berlangsung di Mahligai Pancasila dan diikuti secara virtual di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (16/11).

Raudatul Jannah, dalam sambutannya berharap ketua Dekranasda yang baru dilantik mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya disertai dengan rasa penuh tanggung jawab karena Dekranasda merupakan motivator pengrajin di daerah kabupaten/kota.

"Berbagai ragam produk kerajinan daerah yang kita miliki saat ini seperti kain Sasirangan kerajinan dari purun dan eceng gondok berasal dari hasil hutan serta berbagai kerajinan daerah lainnya. Sudah saatnya ditingkatkan mutunya dan jangkauan promosi yang lebih luas lagi,” ucap Raudatul Jannah.

Ia mengajak untuk bersama-sama bergandengan tangan dan tetap memunculkan ciri khas daerah masing-masing yang disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kita semua tentunya berharap, berikhtiar dan berdoa agar kerajinan daerah dari Kalimantan Selatan nantinya akan membanjiri hasil kerajinan di Ibukota Negara di masa mendatang," pungkasnya.

Usai kegiatan itu, Siti Wasilah kemudian dikukuhkan oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina,

Ibnu Sina berharap dengan pengurus Dekranasda yang baru saja dilantik tersebut mampu berperan strategis sebagai sumber daya insani pembangunan yang tangguh guna memajukan dan meningkatkan kesejahteraan pengrajin, UMKM di Banjarmasin.

"Mudah-mudahan sebagai mitra strategis pemerintah Kota Banjarmasin Dekranasda bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan juga aksi di lapangan untuk kemajuan produk-produk unggulan di Kota Banjarmasin. Bapak Ibu hadirin yang berbahagia," ucap Ibnu Sina.

Kemudian, ia mengajak kepada pengurus Dekranasda Kota Banjarmasin yang baru dilantik untuk menjalin kerjasama serta melakukan koordinasi dan komunikasi dengan dinas atau instansi terkait SKPD serta pihak-pihak lainnya dalam melaksanakan program kerja.

"Dan kepada semua pihak diminta untuk mendukung program kerja Dekranasda Kota Banjarmasin dan sebagai prinsip yang juga dianut dalam kinerja pemerintah kota, yakni menganut prinsip kerja sama sinergi dan kolaborasi," tambahnya.

"Kolaborasi itu punya lima prinsip yaitu pentahelix, ini sering kita dengar dan kita ulang-ulang terus supaya 5 ini harus bekerjasama dengan baik yaitu ABCGM, Akademisi, yang kedua bisnis dunia usaha harus kita libatkan dalam kolaborasi, yang ketiga comunity komunitas semua komunitas warga kota citizen harus dilibatkan kemudian yang ke-Empat government Pemerintah Kota dan yang kelima media media massa, media sosial harus kita libatkan dalam pembangunan kota supaya 5 ini ketika menggenggam dia akan menjadi sebuah kekuatan," pungkasnya.

Adapun data kepengurusan baru Dekranasda Kota Banjarmasin, yakni :

1. Pembina: Walikota Banjarmasin

2. Penasihat:

- Wakil Walikota Banjarmasin

- Sekertaris Daerah Kota Banjarmasin

3. Ketua : Dr. dr. Hj. Siti Wasilah, M.Si, Med

4. Wakil Ketua : Hj. Hardiyanti, S.AP

5. Ketua Harian : Icrom Muftezar. SSTP. M.Si ( Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin )

6. Wakil Ketua Harian : Diana Rosianti, S.Si

7. Sekertaris : Farida Rachmawati, SH

8. Wakil Sekretaris : Taufiq Adi Rahmanie, SE

9. Bendahara : Hj. Evianti, SE

10. Wakil Bendahara : Fitriah, SE, MM

11. Ketua Bidang Organisasi dan Advokasi Pengerajin : Amalia Rezeki

• Anggota:

1. Muhammad Saifullah, S.Sos

2. Farida Ariati, SE

3. Eldinar Raina Artati, A.Md

4. Novita Sari, SH

5. Farid Faturrahman

12. Ketua Bidang Pembinaan Pengerajin: Hj. Yenny Yanuwarita, SE

• Anggota:

1. Hj. Noorhasanah, SE, MM.

2. Hendrawati, SE

3. Maria Ruslie, SE, MM.

4. Naziza Muzhar, S.IP., MA

5. Yasmin Qamarani

13. Ketua Bidang Promosi : Suharyanto

• Anggota:

1. Widya Pelissa, S.Pi., MM

2. Irfan

3. Muhammad Tommy Wijaya

4. Yuyun Yuniarti

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor dan Plh Sekretaris Daerah Sugito Said, serta pimpinan SKPD lingkup pemkot.

[video width="640" height="360" mp4="https://www.antaradigital.com/wp-content/uploads/2021/11/Dilantik-Menjadi-Ketua-Dekranasda-Kota-Banjarmasin-Hj-Siti-Wasilah-Kemudian-Dikukuhkan-17-November-2021_2.mp4"][/video]