Percepatan Vaksinasi, Pemkab Pangkep Buka Gerai Vaksin

Pangkep – Pemerintah Kabupaten Pangkep membuka gerai vaksin di pelataran Tugu Bambu Runcing, Pangkajene, sebagai upaya percepatan vaksinasi masyarakat.

Gerai vaksin Pemkab Pangkep ini diresmikan langsung oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) disaksikan oleh Forkopimda, Selasa (16/11).

Bupati MYL mengatakan, gerai layanan vaksinasi sehat untuk masyarakat Pangkep ini, salah satu upaya untuk percepatan vaksinasi. Gerai layanan vaksinasi sehat untuk masyarakat Pangkep ini sengaja didirikan di tempat strategis agar mudah dijangkau, serta jam layanan yang lebih lama. Layanan dimulai pukul 08.30-21.00 WITA setiap hari.

“Sehingga masyarakat yang ada kesibukan saat jam kerja, dapat mengakses layanan ini sore dan malam hari,” katanya.

Diharapkan dengan adanya gerai vaksin ini semua kalangan lebih mudah untuk vaksinasi. Dengan capaian vaksinasi, dan cakupan yang lebih banyak dapat segera trrbentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pangkep Herlina mengatakan, untuk saat ini vaksinasi di Pangkep sudah mencapai 43,29 % untuk dosis pertama, sementara untuk dosis kedua 22,24%.

"Diharapkan, dengan adanya gerai vaksin ini masyarakat lebih mudah untuk vaksinasi," ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Gerai vaksinasi sudah berjalan sejak kemarin. Antusias masyarakat pun sangat tinggi. Hari pertama sebanyak 103 orang ikut vaksinasi.

“Semoga setiap hari ada peningkatan. Dan di bulan Desember tercapai 70 %,” ujarnya.

Diakuinya, beberapa bulan lalu sangat sulit diperoleh dosis vaksin. Namun, saat ini sudah banyak dosis vaksin yang didistribusi dari Dinkes Provinsi Sulsel.

Selain gerai vaksinasi bambu runcing, lanjutnya, semua layanan fasilitas kesehatan juga melakasankan vaksinasi. dua rumah sakit dan 23 Puskesmas, termasuk klinik PT Semen Tonasa, Polres dan Kodim.

“Harapan kita bersama, ayo masyarakat untuk vaksin agar kita bisa terlindung. Jangan takut vaksin, karena aman dan halal,” pungkasnya.