Terapkan Prokes di Pilkades, Puskesmas Sungai Kakap Terjunkan Nakes

Kubu Raya - Puskesmas Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menerjunkan ratusan tenaga kesehatan yang tersebar di Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada pemilih Pilkades serentak tahun 2021.

Kepala Puskesmas Sungai Kakap Rusliah Marni, Rabu (17/11), mengatakan, pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini, pihaknya ikut berpartisipasi dalam penerapan prokes kepada warga yang ikut memilih Calon Kepala Desa (Cakades) mereka.

"Saya sudah Instruksikan kepada teman-teman jaringan Pustu dan Poskesdes untuk selalu siaga di wilayah mereka masing-masing," kata Rusliah di sela mendampingi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat meninjau Pilkades di TPS 12 Desa Sungai Kakap.

Wanita yang akrab di sapa Bu Oos ini menyampaikan, ada tiga desa di wilayah kerjanya yang ikut Pilkades tahun ini diantaranya Desa Sungai Belidak, Pal IX dan Desa Sungai Kakap.

"Dalam penerapan prokes kepada pemilih, petugas kami di setiap Poskesdes dan Desa sejak pagi tadi sudah melakukan edukasi kepada pemilih Pilkades serentak agar tetap menggunakan masker, mencuci tangan saat mencoblos dan menjaga jarak saat mengantri giliran mencoblos," ujarnya.

Dirinya menuturkan, pada hari ini Puskesmas Sungai Kakap juga melaksanakan vaksinasi, sehingga warga yang sudah mencoblos pilihannya bisa langsung mendapatkan dosis vaksin.

"Kami dari Puskesmas Sungai Kakap mengharapkan kepada semua pemilih Pilkades serentak di wilayah kerjanya untuk tetap menerapkan prokes saat melakukan pencoblosan," pungkasnya.