Dilantik Ketua Dekranasda Banjar, Nurgita Akan Kembangkan Perajin Berlian

Martapura - Nurgita Tiyas yang resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banjar akan fokus mengembangkan perajin berlian di daerah setempat.

"Kabupaten Banjar berbeda dari daerah lain di Indonesia karena  banyak sekali memiliki perajin berlian. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang untuk datang ke Provinsi Kalimantan Selatan, dimana diketahui berlian Banjar berbeda dari yang ada di Eropa," ujar Nurgita Tiyas di Martapura, Selasa (16/11).

"Hal ini yang menjadi konsen Dekranasda Kabupaten Banjar agar para perajin tetap dapat diperhatikan, meratanya perekonomian dan mudah-mudahan sektor lainnya juga bisa terangkat," sambung Nurgita.

Organisasi Dekranasda, sebutnya, mendapatkan kesempatan untuk berbuat baik dan memberi manfaat bagi orang lain, khususnya bagi para perajin dan masyarakat yang konsen terhadap produk kerajinan daerah.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Raudatul Jannah menjelaskan fokus pembinaan dan pengembangan kerajinan yang tersebar di berbagai daerah di Kalimantan Selatan agar lebih maju, kompetitif, berdaya saing dan mampu menembus pasar ekspor.

Menurutnya, program dan kegiatan yang direncanakan secara terukur serta tepat sasaran akan membuahkan hasil yang bermutu dan mampu meningkatkan pengembangan kerajinan daerah yang berkelanjutan.

"Selamat dan sukses kepada seluruh ketua Dekranasda yang baru dilantik, semoga amanah jabatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai tugas dan tanggungjawab dalam organisasi demi kemajuan produk-produk kerajinan khas daerah Kalimantan Selatan," tutupnya.

Selain Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar, enam ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan masa bakti 2021-2024 yang dilantik adalah Tanahbumbu, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Banjarbaru, Banjarmasin dan Kotabaru.