Hadiri Kenduri Kapalo Banda, Wabup Sampaikan Beberapa Progul Tanah Datar

Batusangkar - Wakil Bupati Richi Aprian menjelaskan sejumlah program unggulan (Progul) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kepada masyarakat Jorong Gunuang Rajo Utara, Nagari Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh, pada acara Kenduri Kapalo Banda Kandang Balirik sekaligus peresmian Surau Nagari, Selasa (16/11).

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar saat ini mempunyai 10 Progul, diantaranya di bidang keagamaan ciptakan 1 rumah 1 hafiz/hafizah, bidang pertanian mesin bajak gratis dan bidang pelayanan administrasi hadir program Peluk Tanda Diri yakni Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari," terang Richi.

Disampaikan Richi, keinginan melahirkan hafiz dan hafizah agar 20 atau 30 tahun mendatang sebagian besar masyarakat Tanah Datar penghafal Al Qur'an.

"Insya Allah, akan hadir generasi penghafal Al Qur'an, ada camat, dokter, guru, wakil bupati dan bahkan bupati yang hafal Al Qur'an," ungkapnya.

Kemudian untuk program mesin bajak gratis, tambah Wabup, Insya Allah akan efektif dilaksanakan tahun anggaran 2022.

"Beberapa hari lalu, saya ditugaskan Pak Bupati untuk mendalami program bajak gratis ini ke Provinsi Gorontalo. insya Allah, ke depan bisa kita aplikasikan di Tanah Datar," ungkap Richi. Menyinggung pelaksanaan kegiatan kenduri dan peresmian surau, Wabup Richi menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kekompakan masyarakat jorong Gunuang Rajo Utara.

"Kegiatan ini sebagai bukti kekompakan masyarakat di jorong ini, tentunya ini dipertahankan dan ditingkatkan. Dan tradisi ini terus dijaga dan dilestarikan," ujarnya.

Kemudian untuk surau yang sudah selesai di bangun, Richi berharap bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

"Tidak hanya untuk ibadah saja, tentunya dengan kehadiran surau ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Erizal Dt. Jomulie menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kehadiran Wabup bersama istri Ny. Patty Richi Aprian.

"Alhamdulillah, di tengah kesibukan beliau menyempatkan hadir di acara kita ini, terima kasih," katanya.

Kemudian Erizal menyebutkan pelaksanaan Kenduri Kapalo Banda Kandang Balirik di Jorong Gunuang Rajo Utara merupakan agenda tahunan masyarakat.

"Kegiatan kenduri ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas rahmat, berupa hasil pertanian dan air yang selalu mencukupi masyarakat di jorong ini," katanya.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat setempat Zainuddin dan Sudirman yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wabup bersama rombongan.

"Alhamdulillah, Pak Wabup sudah dua kali ke jorong kami ini, semoga dengan kedatangan beliau semakin banyak program pembangunan di jorong kita ini. Terima kasih atas bantuan dan sumbangsih untuk pembangunan surau ini," pungkasnya.

Turut hadir, Ketua GOW Tanah Datar Patty Richi Aprian, Sekretaris Kecamatan Batipuh Baharudin, Sekretaris Nagari Gunuang Rajo, ninik mamak, bundo kandung dan undangan lainnya.