Bupati Sigi Pantau Penyaluran BLT di Dolo Selatan dan Kinovaro

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan meninjau penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2020, Senin (11/5).

Pemantauan langsung tersebut bertujuan agar pendistribusian BLT DD tepat sasaran dan sesuai dengan aturan. Adapun, desa yang menjadi sampel peninjauan adalah Desa Balongga, Poi, Pulu, Ramba Kecamatan Dolo Selatan dan Desa Kanuna, serta Desa Doda Kecamatan Kinovaro.

Bupati Irwan menjelaskan, desa yang tidak mendapatkan BLT DD adalah masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Selain uang senilai Rp600.000 per kepala keluarga, warga juga menerima beras 10 kg dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Jika bantuan beras pemprov tidak mencukupi, maka akan dipenuhi dari dana desa yang sebelumnya telah dialokasikan sejumlah 2 ton beras per desa.

"Dan, kalau tidak dapat dipenuhi oleh dana desa, maka akan di-cover oleh APBD sekitar Rp3,5 miliar hasil dari refocusing anggaran beberapa waktu lalu untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Sigi," tutur Bupati Irwan.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat serta saling bekerja sama dalam pencegahan dan percepatan penanganan pandemi ini, dengan mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ia juga terus menyosialisasikan mengenai pemberlakuan jam malam perbatasan Kabupaten Sigi- Kota Palu dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19.