Kaum Muda Indramayu Raih Penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Jabar

Indramayu  - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu sukses membawa putra dan putri terbaik Kabupaten Indramayu meraih penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Barat tiga tahun berturut-turut.

Ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, Kepala Dispora Kabupaten Indramayu Jahirin menjelaskan, pemilihan pemuda pelopor tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya diselenggarakan oleh Dispora Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, ajang adu ide dan inovasi kreativitas pemuda ini sukses diraih putra/putri terbaik Kabupaten Indramayu secara hattrick sejak tahun 2019, 2020 dan 2021.

Adapun putra/putri terbaik Indramayu yang memperoleh penghargaan adalah Muhamad Rizki Zamroni meraih Juara 2 Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat Tahun 2019 Bidang Inovasi Teknologi setelah menggagas 'Indramayu Kreatif'; Jian Al Ma'arij yang meraih Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat Tahun 2020 Bidang Agama Sosial dan Budaya yang berinovasi dan menuangkan ide Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Pikahayang, dimana ia berhasil mengenalkan motif batik khas Indramayu hingga keluar daerah.

“Sementara yang baru-baru ini diraih oleh Dwiki Alamanda berhasil meraih Juara 3 Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat Tahun 2021 Bidang Agama Sosial dan Budaya dalam gagasan dan idenya mengangkat situs-situs dan Budaya Lokal Khas Indramayu dalam bentuk design arsitek,” jelas Jahirin.

Dikatakan Jahirin, setiap tahun Dispora Kabupaten Indramayu rutin menggelar pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Indramayu. Bidang yang dilombakan meliputi Bidang Pangan, Pendidikan, Agama Sosial Budaya, Pengelolaan SDA dan Kepeloporan dan Inovasi Teknologi. Pemuda yang terbaik akan dikirim ke tingkat provinsi untuk mengikuti lomba serupa.

“Lomba Pemuda Pelopor ini berjenjang. Kalau terpilih di kabupaten, akan dikirim ke propinsi. Kalau di propinsi menang, maka akan dikirim ke tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora Kabupaten Indramayu, Media, mengatakan, Kabupaten Indramayu patut bersyukur, karena banyak bibit-bibit muda yang berpotensi untuk dikembangkan. Terutama inovasi dan kreativitasnya.

“Dwiki Alamanda adalah contohnya. Ia telah membuktikan membawa penghargaan Juara 3 Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat Tahun 2021 di Bidang Agama Sosial dan Budaya,” katanya.

Baik Jahirin maupun Media berharap, akan ada banyak pemuda Indramayu yang terus berinovasi dan kreatif di berbagai bidang, untuk kemudian berperan aktif dan berkontribusi dalam membangun masyarakat dan Indramayu, khususnya di sektor kepemudaan.

"Semoga ke depannya pemuda/pemudi Indramayu semakin inovatif, kreatif dan produktif, serta berani tampil membawa nama daerahnya,” pungkasnya.