Satgas P2TP2A Muara Enim Dibekali Penanganan Perempuan Korban Kekerasan

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggagas Satuan Tugas (Satgas) Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kabupaten Muara Enim pada 22 kecamatan sebagai upaya perlindungan terhadap anak dan perempuan.

Sebanyak 50 orang Satgas P2TP2A Kabupaten Muara Enim ini dibekali pelatihan yang dibuka Asisten III Pemkab Muara Enim Maryana di Griya Hotel Serasan Sekundang, Kamis (18/11).

Maryana mengatakan bahwa dengan memiliki pemahaman yang baik termasuk dalam aspek psikologis, maka penanganan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dilaksanakan secara optimal dengan mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan korban.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan mendorong terwujudnya Kecamatan/Desa sebagai Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang mampu mempromosikan, melindungi, memenuhi, dan menghormati hak-hak anak agar tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal," ujar Maryana.

Untuk diketahui, data kekerasan di Kabupaten Muara Enim pada tahun 2020 terdiri dari kekerasan terhadap perempuan 37 kasus dan kasus kekerasan terhadap anak 147 kasus. Sedangkan kasus kekerasan terhadap perempuan sampai dengan bulan November 2021 sebanyak 26 kasus, dan kasus kekerasan terhadap anak berjumlah 50 kasus.

"Cukup tingginya kasus tersebut, maka sangat diperlukan pelatihan ini, diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini semua unsur yang terkait dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih optimal," tandas Maryana.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Muara Enim Vivi Mariani, didampingi Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Rina Evianti menyampaikan, tujuan pelatihan Satgas P2TP2A adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan guna penurunan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan anak, serta meningkatnya pengetahuan tentang pengarusutamaan gender dan anak.

Kemudian, tambahnya, untuk mendeskripsikan kebutuhan sosial anak dan kesadaran sosial, orang tua dalam rangka pembangunan Kecamatan/kelurahan/desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Hadir sebagai narasumber, Kasi Perlindungan Khusus Anak Dinas PPPA Sumatera Selatan (Sumsel) Bariyanti Arthni, Kasi Tindak Lanjut Kasus UPTD P2TP2A UPT PPA Sumsel Amirudin, Kanit IV PPA Satreskrim Polres Muara Enim Ipda Rama Juliani, dan Pembina Lembaga Bantuan Hukum ICMI Peduli Muara Enim Taufik Rahman.