Plh Bupati OKU Buka Eksibisi Porprov Sumsel Cabor Pentaque

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra membuka acara Eksibisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan ke-XIII tahun 2022 cabang olahraga pentaque, di Kompleks Stadion Madya Kemiling Baturaja, Kamis (18/11).

Edward, dalam sambutannya mengatakan, cabor petanque yang pertama kali dikenalkan oleh Provinsi Sumsel tersebut merupakan suatu potensi yang bagus jika dapat terus dikembangkan, serta harus didukung penuh.

"Apalagi kalau nanti masuk PON, ini pasti akan menjadi lumbung medali bagi Sumsel nantinya. Cabang olahraga petanque ini kemungkinan masih sangat asing bagi masyarakat, namun sesungguhnya keberadaan FOPI sebagai wadah induk dari cabor ini sudah cukup akrab dalam dunia olahraga dan sangat relevan dengan semaraknya upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali kejayaan prestasi olahraga nasional termasuk di cabang petanque," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Eksibisi Porprov Sumsel ke-XIII cabang olahraga pentaque Yunizir Djakpar Menyampaikan, cabor ini dimulai 18-19 November 2021 dan diikuti oleh tujuh kabupaten/kota se-Sumsel dengan peserta yang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial.

Yunizir Djakfar juga menambahkan, petanque merupakan olahraga sederhana yang baik untuk kesehatan, serta tidak memerlukan tubuh atletis bahkan tidak ada batasan umur.

"Kita berharap semoga cabor petanque ini kedepan dapat diperjuangkan untuk turut serta dalam Porkab/Porkot, Porprov hingga PON. Kita sangat meyakini cabor petanque ini dapat menjadi lumbung medali bagi Kabupaten OKU," ujarnya.

Sedangkan, Ketua I FOPI Sumsel M. Haris Satria menambahkan, potensi petanque merupakan cabang olahraga yang luar biasa.

"Saya kira ini potensi yang harus dimanfaatkan terutama oleh OKU sebagai kabupaten yang merupakan motor atau sebagai perintis dari kegiatan cabor petanque se-Sumatera Selatan," ujarnya.

Namun, Haris juga menyayangkan bahwa cabor petanque saat ini belum dapat dipertandingkan secara resmi, baik di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) maupun PON.