Kemenkes-UGM Gelar Lokakarya Kesehatan di Tasikmalaya

Tasikmalaya - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Lokakarya Lintas Sektor Kesehatan Ibu dan Anak di Kota Tasikmalaya, di ballroom Hotel Grand Metro, Jumat (19/11).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Kota Tasikmalaya Candra, yang hadir pada acara tersebut mengatakan, dalam penanganan kematian ibu dan anak, Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah membentuk tim penanganan dengan beberapa sektor seperti puskesmas dan kader dan instansi kesehatan sehingga kasusnya dapat relatif menurun.

Sambung Candra selaku fasilitator, kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan lintas sektor.

"Agar bisa menyusun satu perencanaan terpadu untuk mendukung paket layanan yang sudah disiapkan program ini nantinya," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, dengan kegiatan lokakarya lintas sektor kesehatan perlu adanya pengawas mutu program untuk memberikan standar kerja pada pemberi layanan dan memastikan tidak ada satupun ibu hamil yang memiliki kegawatdaruratan yang tidak mendapatkan paket layanan komprehensif yang telah disediakan.