Ribuan Warga Antusias Ikut Vaksinasi oleh PMI Kubu Raya

Kubu Raya - Ribuan warga antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua yang digelar kembali oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, di Cafe Evergreen Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Minggu, (21/11) pagi.

Berdasarkan data PMI Kubu Raya, jumlah warga yang mengikuti vaksinasi hari ini lebih tinggi jika dibandingkan pada kegiatan serupa yang digelar pada 23 Oktober 2021.

Pantau di lapangan, antusias warga cukup tinggi mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar PMI Kubu Raya, yang mana warga harus mengantri panjang hingga 100 meter untuk mendaftar. Kondisi inipun membuat Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya menurunkan timnya untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi vaksinasi.

Ketua PMI Kabupaten Kubu Raya Yudhi Hendradi merasa bersyukur antusias warga cukup besar untuk mendapatkan vaksin, tentunya kondisi ini membuktikan kesadaran masyarkat sudah sangat tinggi untuk melindungi diri mereka dari penyebaran COVID-19.

"Meski target vaksinasi yang digelar hari ini hanya untuk 700 orang, namun jika di lihat dari jumlah warga yang ikut hari ini lebih dari seribu orang, tentunya jumlah tersebut akan ditambah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya," kata Ketua PMI Yudhi di sela kegiatan vaksinasi.

Yudhi menuturkan, untuk mengantisipasi kekurangan stok vaksin, pihaknya akan dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya untuk mencukupi kekurangan vaksin yang digelar hari ini.

"Jika dilihat dari antusias warga hari ini, kemungkinan alokasi vaksin yang kami sediakan masih kurang, meski demikian Dinas Kesehatan Kubu Raya menyatakan kesiapannya untuk mencukupi kekurangan vaksin ini," ujarnya.

Yudhi juga menyampaikan apresiasi kepada Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Kalbar, Dinas Kesehatan Kubu Raya, Dinas Perhubungan, Disdukcapil, BPPRD Kubu Raya, Pemerintah Desa (Pemdes) Arang Limbung, Pemdes Teluk Kapuas dan Pemdes Parit Baru yang telah mendukung kegiatan ini.

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang mendukung kegiatan vaksinasi hari ini, tentunya kondisi ini bentuk 'kepong bakol' yang menjadi tagline Kubu Raya dalam mensukseskan dan mengejar capaian 70 persen herd immunity di kabupaten Kubu Raya agar lebih menanjak lagi warga yang divaksin," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo mengatakan, untuk mendukung kelancaran kegiatan vaksinasi hari ini pihaknya menerjunkan tim yang terdiri dari 6 orang untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi vaksinasi.

"Kami sangat mendukung vaksinasi yang digelar PMI Kubu Raya hari ini, untuk kelancaran pelaksanaan vaksinasi hari ini kami telah menurunkan tim yang bertugas mengatur arus lalu lintas dan mengatur kendaraan peserta vaksin," ucap Odang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya Nurmarini Mochtar menuturkan, pada pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal yang digelar secara 'kepong bakol' PMI Kubu Raya bersama Dinas Kesehatan, Disdukcapil, bersama DPD REI Kalbar dan PC PGRI Sungai Raya ini, pihaknya ikut Berkontribusi dengan melakukan update data penduduk yang sudah divaksin.

"Ketika ada data yang diberikan oleh Dinas Kesehatan, kami langsung melakukan pengaupdetan NIK warga yang divaksin oleh petugas kami di kantor," ucapnya.

Dalam kunjungan dan pemantauannya bersama Ketua TP PKK Rosalina Muda, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi keterlibatan PMI Kubu Raya membantu pemerintah daerah dalam mendukung dan mensukseskan vaksinasi Covid-19 di daerah ini.

"Alhamdulillah, keterlibatan PMI Kubu Raya sangat masif dalam mendukung capaian 70 persen herd immunity di daerah ini, tentunya ini bentuk 'kepong bakol' atau gotong royong semua pihak mensukseskan vaksinasi COVID-19 di kabupaten termuda di Kalbar ini," ucap bupati.