Wabup Natuna: Reformasi Digital Tidak Hanya Soal Kecepatan Transfer Data

Natuna - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Siber Kreasi melakukan Sosialisasi Nasional dengan tema "Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital”, Senin (22/11).

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda yang hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa reformasi digital R4.0 tidak hanya tentang kecepatan transfer data, namun juga kemajuan teknologi harus diikuti dari segi kecerdasan, kemajuan dan kesejahteraan.

 

“Kemajuan dalam bidang apapun khususnya teknologi tujuan akhirnya adalah bagaimana kemajuan teknologi dalam mendorong serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Reformasi digital R4.0 tidak hanya tentang kecepatan transfer data. Namun juga kemajuan teknologi harus diikuti empat kali lebih baik dari segi kecerdasan, kemajuan dan kesejahteraan. Ini menjadi tugas kita semua mendorong diri kita dan lingkungan disekitar kita untuk menjadi generasi yang cakap digital, secara sederhana bagaimana orang orang dapat menambah value dan nilainya dengan kemajuan teknologi, dan membentengi diri dengan literasi digital agar kita terhindar dari dampak negatif yang berasa dari dunia digital," jelas Rodhial Huda.

Rodhial Huda juga menjelaskan kemajuan digital di daerah Natuna tidak bisa disamakan dengan kemajuan di daerah kota kota besar. Perbedaan wilayah geografis dan fasilitas inftrastruktur membuat Natuna harus bekerja lebih keras untuk mengimbangi kemajuan digital di Indonesia khususnya kota-kota besar.

Treatment dalam menggerakan generasi yang cakap digital di daerah kepulauan khususnya Natuna tidak bisa disamakan dengan kota-kota besar, karena secara infrastruktur kita tidak selengkap itu. Sehingga langkah awal yang kita siapkan adalah bagaimana masyarakat Natuna harus siap dengan kemajuan digital. Edukasi ini mendorong generasi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka masing-masing melalui langkah inovatif. Kemajuan teknologi telah membuka banyak peluang baik dari sektor ekonomi, pariwisata bahkan sektor lainnya, tinggal bagaimana masyakarat Natuna melihat ini sebagai kesempatan untuk tumbuh, belajar dan berkembang mengikuti kemajuan,” tambah Rodhial Huda.

"Pemerintah Kabupaten Natuna berharap dengan adanya forum-forum yang berbicara mengenai transformasi digital, semakin mendorong generasi muda untuk menjadi generasi yang melek digital yang kreatif, inovatif dan produktif. Pemkab Natuna juga terus mengambil langkah inovatif untuk terus mengedukasi masyarakat pentingnya literasi digital," pungkas wabup.