Siaga Bencana, BPBD Kabupaten Banjar Dirikan Posko Siaga Kebencanaan

Martapura - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Provinsi Kalimantan Selatan masuk kategori waspada kebencanaan, terutama hujan deras disertai angin kencang.

Terkait prakiraan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar meningkatkan kesiapsiagaan dengan mendirikan Posko Induk Siaga Bencana di samping Kantor BPBD Kabupaten Banjar, Jalan Sekumpul Raya, Desa Bincau, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Pantauan jurnalis Banjar, Senin (22/11), spanduk bertuliskan Posko Induk dipasang di ruangan logistik dan depan tenda orange di akses jalan kantor BPBD Kabupaten Banjar. Satu unit mobil pikap dilengkapi perahu karet terlihat standby di bawah tenda. Selain itu, ada sejumlah personel gabungan TNI, Polri dan relawan yang bersiaga.

Sekretaris BPBD Kabupaten Banjar Azhar Alamsyah mengatakan, Posko Induk Siaga Bencana didirikan untuk penanganan banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

"Sudah ditetapkan statusnya siaga bencana sejak 10-26 November dan akan terus diperpanjang," katanya.

Menurut Azhar Alamsyah, daerah rawan kebencanaan sementara ini 14 wilayah kecamatan. Itu yang menjadi titik pantau personel Posko Induk Siaga Bencana setiap hari.

"Alhamdulillah masih aman dan semoga dalam dua bulan ini tidak ada bencana," pungkasnya.