Wali Kota Banjarmasin Pimpin Apel Siaga Bencana

Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan stakeholder terkait, menggelar Apel Gabungan Siaga Bencana Penanganan Banjir, Air Pasang dan Angin Puting Beliung Tahun 2021, di Lapangan Kamboja, Senin (22/11).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, dan turut hadir Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, Dandim 1007/Banjarmasin Oki Andriasyah Adiwirya serta stakeholder dan SKPD terkait.

Ibnu Sina menyampaikan, semua unsur, yakni TNI, Polri, dan Forkopimda di bawah koordinasi BPBD Kota Banjarmasin dengan menggerakkan seluruh potensi masyarakat, baik dari komunikasi, dari pemadam kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP bersiaga menghadapi potensi bencana khususnya saat memasuki musim hujan.

"Mudah-mudahan kita bisa siap siaga dalam menghadapi secara iklim dunia, kemudian di Indonesia juga ada bencana-bencana yang terjadi, kemarin di Hulu Sungai Tengah yang sudah terjadi banjir bandang dan itu menjadi warning bagi kita semua," tegasnya.

Maka dari itu, Ibnu Sina menjelaskan, Kota Banjarmasin sudah siap seandainya terjadi bencana, namun demikian dirinbya berharap Kota Banjarmasin dihindari dari bencana banjir tahun ini.

"Saya kira itu yang paling penting dan kita harus mendirikan posko untuk koordinasi di BPBD Kota Posko Penanggulangan Banjir, kesiapsiagaan sudah dibentuk dan mudah-mudahan bisa menjadi pusat koordinasi kita semua, saya kira itu yang paling penting," pungkasnya.