Bupati Kubu Raya Ajak Kaum Terdidik Bantu Pulihkan Pendidikan

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengajak kaum terdidik yang terdiri dari para pendidik untuk memulihkan pendidikan saat ini menjadi ke arah yang lebih baik.

“Yang bertanggung jawab terhadap kaum kurang terdidik adalah kaum terdidik, dan yang paling terdepan adalah pendidik. Adanya kaum kurang terdidik, bukan karena kemauannya, tapi karena peluang dan kesempatan yang tentu juga sempit. Itu semua berarti menjadi tanggung jawab kaum terdidik,” kata Bupati Muda Mahendrawan, saat membuka Seminar Pendidikan PGRI Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Bank Kalbar Kubu Raya di Qubu Resort, Senin (22/11) pagi.

Muda memiliki keyakinan penuh dan pandangan yang jauh lebih luas, bahwa ini semua bisa diperjuangkan bagaimana agar tidak banyak lagi pembiaran-pembiaran, konsepnya di Kubu Raya menurut Bupati lebih mengedepankan diksi dan narasi tanggung jawab.

“Maka setiap kali ada etape atau tahapan dari kita mulai dari desa sampai kepada semua birokrasi dan semua yang terkait dengan tanggung jawab kita apalagi kaum pendidik juga, maka kita kedepankan adalah tanggung jawab,” papar bupati.

“Apapun jabatan yang diemban, kita selalu menyampaikan Selamat Bertanggung Jawab, bukan sekedar menjalankan tugas, bukan sekedar karena didikte atau perintah dan bukan sekedar karena hal-hal yang menyangkut bagaimana kita menjalankan dengan zona-zona yang sudah terikat dengan ketat, tapi rasa tanggung jawab akan jauh melampaui dan itu akan membuat kita melakukan lebih dari pada apa yang bisa kita lakukan,” jelas Bupati Muda.

Ia berhadap, PGRI Kubu Raya pada momen peringatan hari jadi tahun ini selain merefleksikan organisasi sekaligus mencari gagasan-gagasan dan melakukan transformasi agar persoalan yang ada di sketor pendidikan saat ini bisa dicarikan solusi dan terobosan yang bisa dilakukan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang PGRI Kubu Raya, M. Ayub menjelaskan PGRI Kubu Raya hadir untuk membangkitkan wawasan, pengetahuan dan menambah daya dobrak teman-teman guru untuk meningkatkan kualitas kinerja di lapangan.

“Kita berhadap, seminar yang kita gagas pada hari ini mampu menghadirkan wawasan baru yang mampu menggiring pola pikir kita kearah yang lebih baik, pada dunia pendidikan di Kubu Raya,” pungkas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya.