Inovasi KIOS E-PAK LADI Pasuruan Raih Top 30 Kovablik Jatim

Pasuruan - Inovasi KIOS e-PAK LADI milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan diganjar penghargaan sebagai Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Tmur tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo kepada Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf, dalam acara Penganugerahan Top Inovasi Pelayanan publik Provinsi Jawa Timur tahun 2021 di Hall Grand City Surabaya, akhir pekan lalu.

Melalui sambungan telepon, Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan, mengatakan KIOS e-PAK LADI merupakan singkatan dari pelayanan kependudukan langsung jadi secara elektronik yang sudah mulai diterapkan sejak awal Juni tahun 2020 lalu.

"Hadirnya inovasi tersebut tak lain sebagai upaya untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada seluruh warga Kabupaten Pasuruan, khusus yang berkaitan dengan administrasi kependudukan," ujarnya.

Dalam praktiknya, jelas bupati, kios tersebut ditempatkan di Balai Desa/Kantor Desa, dimana setiap masyarakat tak perlu lagi datang ke kecamatan atau Dispenduk Capil untuk mengurus segala layanan kependudukan. Mulai dari KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA (Kartu Identitas Anak) dan jenis pelayanan kependudukan lainnya.

Sejak awal dibangunnya KIOS e-PAK LADI hingga saat ini sudah ada 223 kios yang tersebar di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Gus Irsyad menargetkan semua desa/kelurahan akan memiliki KIOS e-PAK LADI di tahun 2022 mendatang.