Bupati Landak Sosialisasi Pencegahan Stunting ke Kader PKK

Landak– Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka Pembinaan 10 Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di desa binaannya, yakni di Desa Kelampai Setolo, Kecamatan Meranti, Kabupaten Landak dengan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak, Camat Meranti, Kepala Desa Kelampai Setolo, Kepala Dinas terkait serta Tim Penggerak Kecamatan, Desa dan Kader Posyandu, Senin (22/11).

Bupati Karolin Margret Natasa, dalam arahannya mengatakan bahwa 10 program pokok PKK tersebut sudah mencakup berbagai program pemerintah, dengan harapan PKK menjadi mitra dan mendukung program-program pemerintah.

“Pertemuan kita kali ini adalah pembinaan PKK Kabupaten dan Kecamatan kepada PKK Desa agar pengurus PKK Desa juga dapat memahami dan menjalankan 10 program pokok PKK serta permasalahan yang dihadapi di lapangan. Dan apabila ini dijalankan, maka banyak sekali manfaat yang bisa didapat oleh ibu-ibu semua," ucap Karolin.

Bupati Karolin menjelaskan bahwa fokus yang dilakukan oleh PKK saat ini selain mensukseskan 10 program pokok PKK dan vaksinasi, juga secara khusus dapat mengentaskan permasalahan stunting yang masih terjadi di Landak.

“Nah, tugas ibu-ibu PKK memberikan pengajaran, pelatihan dan penyuluhan kepada ibu-ibu supaya mereka lebih mengetahui tumbuh kembang anak-anaknya, dengan selalu pergi ke Posyandu agar bayinya ditimbang setiap bulan, badannya diukur setiap bulan, dan lingkar kepalanya diukur setiap bulan,” ungkap Karolin.

Bupati Landak mengingatkan kepada para peserta agar dapat memberikan pemahaman yang sangat sederhana kepada masyarakat sehingga mereka bisa lebih paham tentang permasalahan stunting.

“Saya meminta PKK bisa memberikan edukasi yang mudah dipahami masyarakat sehingga kita bisa bersama-sama menurunkan angka stunting di Kabupaten Landak,” terang Karolin.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Karolin juga memberikan beberapa bantuan untuk Desa Kelampai Setolo, PKK Desa Kelampai Setolo dan PAUD yang ada di Desa Kelampai Setolo.