Pemkab Landak Maksimalkan Pencegahan COVID-19 Melalui Forum Germas

Landak - Pemerintah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat,  membentuk Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran COVID-19 dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Meningkatnya kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) ini menjadi penyebab terbesar kematian dan kecacatan. Tren ini akan berlanjut seiring perubahan perilaku hidup di masyarakat," kata Sekda Landak Vinsensius di Ngabang, Selasa (23/11).

Dia mengatakan,  pandemi COVID-19 menyebabkan semua menghadapi perubahan pola perilaku yaitu adaptasi kebiasaan baru dengan cara menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19.

"Dalam kasus terkonfirmasi COVID-19 paling banyak adalah mereka dengan penyakit penyerta yaitu penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, stroke, dan jantung," tuturnya.

Vinsen menyampaikan perubahan perilaku masyarakat bisa dimulai dengan cara menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat atau biasa disingkat dengan Germas yang memiliki nilai-nilai penting dalam pencegahan penyakit tidak menular.

"Germas ini memiliki 5 pilar utama yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dan peningkatan kualitas lingkungan," jelas Vinsen.

Ia menegaskan bahwa keterlibatan semua pihak diperlukan dalam mendukung kegiatan Germas ini, baik kesehatan, pendidikan, pertanian, lingkungan, pembangunan, fasilitas-fasilitas umum lainnya. Germas ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja tapi ini adalah tanggung jawab semua, demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Landak.

Mengacu pada Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat, pihaknya meminta Dinkes setempat untuk menggencarkan sosialisasi Germas dan membentuk tim forum Germas di Kabupaten Landak.

"Saya berharap Forum Germas yang dibentuk pada hari ini tidak hanya sampai di sini saja, akan tetapi dilanjutkan dan dilaksanakannya lima (5) pilar Germas ini dengan dukungan penuh dari kita semua terhadap program Germas ini," kata Vinsen.