Pemkab Kubu Raya Terus Gencarkan Vaksinasi COVID-19

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 ke desa-desa

Kepala Desa Sungai Raya Pitut Dwi Yugono mengatakan, untuk vaksinasi hari ini, pihaknya bersama Puskesmas Sungai Raya Dalam menggelar vaksinasi dengan menargetkan 200 orang yang tervaksinasi di Desa Sungai Raya dan sekitarnya.

"Kenapa kita juga berikan kepada warga di sekitar Desa Sungai Raya, karena ternyata sudah banyak warga Desa Sungai Raya yang tervaksin", kata Pitut di sela kegiatan vaksiansi, Selasa (23/11) pagi.

Pitut menjelaskan, dari kuota 200 dosis ini, selain melayani vaksin pertama dengan menggunakan vaksin Prizer, pihaknya juga melayani vaksinasi dosis kedua dengan menggunakan vaksin Sinovac.

"Alhamdulillah, sampai hari ini kami sudah menggekar 13 kali vaksinasi massal, baik bekerjasama dengan Puskesmas maupun dengan Badan Intelejen Negara (BIN) yang digelar beberapa waktu lalu untuk tahap pertama dan tahap kedua," jelasnya.

Pitut menuturkan, sampai hari ini sudah terdapat 6 ribu lebih atau 60 persen warganya yang sudah tervaksinasi dari target penduduk yang divaksin sebanyak 10.762 orang.

"Sejak dilakukannya vaksinasi melalui sebaran desa-desa yang digagas pak Bupati Muda Mahendrawan memang angka warga kami yang terkonfirmasi COVID-19 menurun drastis dari 2 bulan sebelumnya, yang mana sampai hari ini belum ada laporan dari Satgas COVID-19 Desa warga Desa Sungai Raya yang terpapar," ujarnya.

Dalam peninjauannya, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menuturkan, dengan pemahaman suntik kebal yang selama ini masif diedukasikan, saat ini banyak masyarakat Kubu Raya sudah tidak takut lagi dan tau pentingnya vaksinasi untuk kekebalan tubuh mereka dari penyebaran COVID-19.

"Alhamdulillah, dengan pemahaman suntik kebal ini, antusias warga Kubu Raya yang mau divaksin semakin meningkat, kondisi itu pun membuat kuota vaksin yang disiapkan setiap desa selalu kurang," ucapnya.

Muda menyampaikan, suntik kebal massal COVID-19 ini tetap dilakukan di desa-desa di Kubu Raya, termasuk di Desa Sungai Raya yang memiliki jumlah penduduk sangat besar, sehingga hari ini ada 200 warga yang akan disuntik vaksin.

"Setiap hari di Kubu Raya kita lakukan hampir 8 sampai 9 titik pelaksanaan suntik kebal massal COVID-19. Tentunya dengan adanya suntik kebal massal ini akan membuat cara kita menyebar di setiap desa dan hari ini kita gabungkan dengan ibu-ibu hamil dan lansia," ujar bupati.

Muda berharap, melalui sebaran suntik kebal massal COVID-19 ini, semua desa-desa sudah terlibat langsung bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tenaga kesehatan dari puskesmas masing-masing. Dirinya meyakini data dan sistem yang dilakukan Desa Parit Baru ini sudah sangat baik dengan melibatkan RT dan dusun yang langsung disusun bersama perangkat desa.

"Suntik kebal massal COVID-19 dengan sistem sebaran melalui desa-desa ini, maka setiap RT dan Kepala desa akan tahu dimana titik warga yang masih belum disuntik kebal, termasuk remaja usia 12 sampai 18 tahun. Tentunya warga juga akan tahu, siapa tetangganya yang belum dan sudah disuntik kebal. Alhamdulillah, dengan strategi vaksinasi sebaran desa-desa saat ini Kubu Raya masuk dalam zona hijau penyebaran COVID-19 dan sudah melandai," pungkasnya.