Jambore PKK se-Kota Banjarmasin Sepakati Gerakan Basadakah

Banjarmasin - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengikuti kegiatan Jambore Kader PKK Kota Banjarmasin di halaman Rumah Sasirangan Kreatif Kota Banjarmasin, Rabu (24/11).

Dalam kegiatan itu, Siti Wasilah menuturkan kegiatan jambore tersebut merupakan bagian dari apresiasi untuk kader PKK dan kader umum yakni kader posyandu, kader dasawisma dan kader gizi.

"Harapan kita pertemuan ini menambah semangat kader kita untuk terus beraktivitas di lapangan karena merekalah para penggerak di tengah-tengah masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan program-program pemerintah dan PKK sebagai mitra pemerintah," kata Siti Wasilah.

Ia menyampaikan dalam rangkaian acara tersebut juga telah disetujui imbauan gerakan BASADAKAH (Banjarmasin Cegah Stunting di Hari Jumat Berkah) yang merupakan sebuah aspirasi dari PKK Kota Banjarmasin bersama dengan posyandu, kelompok kerja operasional posyandum dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting.

"Penting kita mendorong untuk setiap kader posyandu itu sebulan sekali melakukan gerakan mengumpulkan bantuan dari warga sekitar, maksudnya warga yang mampu di sekitar posyandu masing-masing, nah maksudnya tuh begitu programnya," ucapnya.

Kemudian, Siti Wasilah mengungkapkan program tersebut sebenarnya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk bayi dan balita setiap posyandu dapat bantuan perbulan dalam bentuk dana, sebagai mitra Pemerintah, sebab itu PKK Kota Banjarmasin ikut berkontribusi membantu Pemerintah Kota Banjarmasin.

"Kemudian masyarakat kita dorong juga untuk mau turun itu akan jadi bentuk keswadayaan masyarakat, kita menekankan posyandu itu adalah UKBM usaha kesehatan berdaya upaya masyarakat artinya dari oleh dan untuk masyarakat tidak selalu harus dikasih oleh pemerintah, sebab pemerintah pasti punya keterbatasan, oleh karena itulah gerakan BASADAKAH ini semacam pemicu," pungkasnya.

Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan kerudung

Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri, orang duduk, kerudung dan teks yang menyatakan 'bar 24'

Mungkin gambar 6 orang, orang duduk, orang berdiri, kerudung dan teks yang menyatakan 'sin'

Mungkin gambar 7 orang, orang berdiri dan kerudung

Mungkin gambar 7 orang, orang berdiri dan kerudung