Kadis Kominfo Muara Enim Buka Paparan Akhir IPM dan Indeks Sosial Ekonomi 2021

Muara Enim - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis kominfo) Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim Maryamal Qibtiah membuka kegiatan Paparan Akhir Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Sosial Ekonomi Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda Muara Enim, Senin (29/11) siang.

“Dewasa ini persoalan mengenai capaian pembangunan manusia menjadi hal yang diperhatikan bagi para penyelenggara pemerintah. IPM dibentuk oleh beberapa dimensi yaitu Dimensi Kesehatan (Umur Harapan Hidup), Dimensi Pendidikan (Rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah) dan Dimensi Ekonomi (Standar Hidup Layak). Tujuan dan manfaat dari IPM adalah untuk mengukur keberhasilan upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/ penduduk), menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah, dan merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU),” terang Ardian di awal sambutannya.

“Sedangkan tujuan penyusunan indikator sosial ekonomi Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 adalah untuk menggambarkan keadaan dan dinamika sosial ekonomi penduduk di Kabupaten Muara Enim sebagai tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah. Indikator Sosial Ekonomi ini dilihat dari bidang Kependudukan, Kesehatan, Fertilitas dan Keluarga Berencana, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan (Gini Rasio), Perekonomian serta bidang Teknologi Informasi dan komunikasi. Manfaat yang dapat diperoleh dari penyusunan indikator sosial ekonomi adalah sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan dan sebagai bahan perencanaan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunanan ke depannya,” tambah Ardian mengatakan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan tersedianya data indikator sosial dan ekonomi diharapkan akan membantu para perencana dalam proses perencanaan pembangunan sosial ekonomi serta kebijakan pembangunan sosial ekonomi yang diambil berdasarkan fakta dan kondisi yang  nyata di Kabupaten Muara Enim dan sebagai masukan dalam penyusunan kebijakan pembangunan daerah.

“Oleh karena itu, kegiatan   penyusunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan indikator sosial ekonomi Kabupaten Muara Enim dipandang perlu guna melihat keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Muara Enim selama ini dan semoga dengan diadakan kegiatan Paparan Akhir Penyusunan IPM dan Indikator Sosial Ekonomi Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 ini dapat bermanfaat untuk menentukan dimensi pembentuk IPM dan bidang sosial ekonomi yang mana yang harus lebih difokuskan guna meningkatkan pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indikator Sosial Ekonomi Kabupaten Muara Enim kedepannya,” tandas Ardian.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Muara Enim Maryamal Qibtiah berharap data dari IPM dan Indikator Sosial Ekonomi Kabupaten Muara Enim dapat memberikan pencerahan baik dalam perencanaan dan evaluasi dalam kinerja Kabupaten Muara Enim karena dengan data yang disajikan oleh Diskominfo dan BPS ini mendukung dari pada seluruh kegiatan yang ada di Muara Enim

“Semoga segala usaha yang kita lakukan selama ini dalam rangka membantu Pemkab Muara Enim dalam mengambil arah kebjikan akan diridhoi Allah SWT dan menjadi ladang ibadah bagi kita semua,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan siang itu, para Kepala Perangkat Derah lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim.