Perumda Bidadari - BliBli.Com Kerjasama Pemberdayaan dan Pemasaran Online Produk Ekraf dan UMKM

Labuan Bajo - Perusahaan Umum Daerah Bidadari Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dan Blibli.com menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan tentang Pemberdayaan dan Pemasaran Online Produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan UMKM, Senin (29/11).

Ruang lingkup dari kesepakatan ini meliputi pemasaran produk Ekraf dan usaha kecil dan menengah Kabupaten Manggarai Barat secara online serta melakukan pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di daerah Labuan Bajo.

Bertempat di Kantor Blibli.com, MoU ditandatangani oleh Geoffrey Lew Dermawan , Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga dan Sutanto Werry Direktur Perumda Bidadari Kabupaten Manggarai Barat. Ikut hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU ini Andreas Pramaditya (Vice President of Galeri Indonesia UMKM ).

Direktur Perumda Bidadari Sutanto Werry mengatakan bahwa kesepakatan ini sesuai dengan Visi Misi Bupati Manggarai Barat yaitu “Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Lokal”

"Arahan Bupati Edistasius Endi kepada Perumda Bidadari adalah untuk meningkatkan serta memaksimalkan pemasaran produk Ekraf dan UMKM secara offline/ online secara nasional bahkan intenasional," ucapnya.

Geoffrey Lew Dermawan selaku Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga menyatakan bahwa MOU bersama Perumda Bidadari dan Blibli merupakan langkah strategis untuk mendorong dan membantu para pelaku UMKM di Labuan Bajo agar dapat terjadinya percepatan penetrasi dan pengetahuan konsumen atas produk-produk asli Labuan Bajo.

Geoffrey berharap kerjasama antara Blibli dan Perumda Bidadari, dapat terus berkolaborasi, meningkatkan daya saing, edukasi, dan interest baik dari pelaku usaha dan konsumen.

"Semoga kolaborasi ini tidak terhenti hanya dari sisi produk, tetapi juga dari sisi pelayanan, ekosistem, dan multi industri," imbuh Geoffrey.

Sementara itu, Vice President of Galeri Indonesia Blibli.com Andreas Pramaditya mengatakan bahwa kerjasama ini dalam upaya untuk terus melakukan pembinaan dan mengangkat hasil hasil produksi UMKM dari Labuan Bajo secara khusus dan NTT secara umum, dimana nanti nya program kerjasama ini akan meliputi baik dari sisi travel maupun penjualan produk secara online melalui situs blibli, yang akan di masukan ke dalam Galeri Indonesia Blibli.

Andreas menegaskan, Blibli berkomitmen penuh dalam mendukung dan memajukan upaya ini, segala hal yg merupakan bentuk dukungan teknologi juga akan menyertai, sehingga nanti para wisatawan bisa membeli produk-produk khas dari Manggarai Barat dengan sistem click and collect yang bisa diantar ke hotel dimana mereka menginap, atau diambil di airport saat kepulangan.

"Besar harapan kedua belah pihak kerjasama yg baik ini akan memajukan industri UMKM dan pariwisata di Labuan Bajo, tentunya masih banyak lagi hal baik yg akan dikerjasamakan di kemudian hari," harapnya.

Terpisah, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan bahwa ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan produk-produk hasil karya orang lokal kepada para wisatawan. Lewat digital marketing, produk-produk UMKM di Manggarai Barat akan semakin mudah diakses dan bahkan bisa langsung dibeli.

"Langkah ini adalah salah satu langkah strategis pemerintah dalam rangka meningkakan daya saing ekonomi daerah berbasis ekonomi lokal lewat Perusahaan Umum Daerah," ungkap Bupati Bumi Komodo tersebut.