Kopi Khop Aceh Barat Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia

Meulaboh - Kopi khop (Kopi terbalik) khas Kabupaten Aceh Barat berhasil meraih juara ketiga kategori minuman tradisional pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 yang di selenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Stable Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Selasa (30/11).

Bupati Aceh Barat Ramli MS, saat menghadiri acara tersebut, mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung hingga Kopi khop khas Aceh Barat behasil menyabet juara ketiga pada ajang tingkat nasional ini.

"Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Aceh Barat, ini membuktikan kita mampu untuk bersaing dengan daerah lain khususnya di sektor wisata kuliner," ujar Ramli MS.

Ramli mengatakan, pihaknya bangga atas prestasi yang diraih Aceh Barat tersebut. Menurutnya, hal ini dapat mendorong kuliner khas Aceh Barat lebih dikenal oleh masyarakat luas mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

"Ini bisa menjadi promosi bagi daerah bahwa Kabupaten Aceh Barat kaya akan destinasi wisata, baik kuliner, kerajinan tangan, maupun wisata alam lainnya," ucap Ramli MS.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Dinas Pariwisata Aceh Barat beserta seluruh elemen masyarakat agar terus mempromosikan potensi wisata islami di Bumi Teuku Umar ini melalui berbagai media, baik konvensional maupun media sosial, sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Aceh Barat.

Dengan adanya promosi yang masif, kata Ramli, diharapkan Aceh Barat bisa menjadi destinasi wisata islami bagi wisatawan lokal hingga mancanegara sehingga roda perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat ditingkatkan.

Di samping itu, Ramli MS juga mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mendapatkan hak paten Kopi Khop Aceh Barat dari Kementerian Hukum dan HAM RI, sehingga minuman tradisional khas Aceh Barat tersebut bisa menjadi andalan dalam mempromosikan wisata di daerah.

"Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kami untuk membenahi dan meningkatkan potensi pariwisata di Aceh Barat kedepannya, sehingga pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2022 mendatang, Kabupaten Aceh Barat bisa meraih penghargaan lebih banyak lagi di kategori lainnya," pungkas Ramli MS.

Adapun juara pertama dalam kategori minuman tradisional API tahun 2021 ini diraih oleh Kabupaten Meranti, Provinsi Riau melalui minuman Liberika Meranti. Sedangkan juara kedua diraih Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah dengan minuman khasnya yaitu Jamu Coro.