Pj Bupati Optimistis Muara Enim Raih Predikat KLA Tingkat Utama

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) serta Deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Muara Enim 2021.

Acara yang diawali dengan penyerahan piala penghargaan atas capaian Kabupaten Muara Enim Layak Anak Tingkat Madya dari Staf Ahli Bidang Hubungan dan Lembaga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Rini Handayani kepada Pj Bupati Muara Enim tadi berlangsung di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim, Rabu (1/12) pagi.

Dalam arahannya, Nasrun Umar optimistis tahun depan Muara Enim dapat meraih predikat KLA Tingkat Utama dengan catatan penguatan koordinasi para stakeholder dapat terus ditingkatkan dan terus melakukan koordinasi secara rutin serta berani berkomitmen tahun depan Kab. Muara Enim harus meraih predikat KLA Tingkat Utama mengingat ditahun ini Kab. Muara Enim baru berhasil meraih predikat tingkat Madya.

"Akan tetapi, yang perlu kita garis bawahi dari KLA ini bukan capaiannya (penghargaan) tapi bentuk konkret atau aksi nyata dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Bumi Serasan Sekundang karena anak adalah investasi kita di masa yang akan datang dan sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas," ucap Nasrun Umar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muara Enim Vivi Mariyani, dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakor Gugus Tugas KLA Kabupaten Muara Enim tahun ini diikuti sebanyak 75 peserta yang terdiri dari Gugus Tugas KLA, Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat, Lurah, dan Kepala Desa termasuk Perusahaan, Pelaku Usaha, TP. PKK Kab. Muara Enim dan Organisasi Wanita di Kab. Muara Enim dengan mengangkat tema 'Membangun sinergi bersama dalam mewujudkan Kabupaten Muara Enim menuju Kabupaten Layak Anak' dengan tujuan untuk mensinergikan seluruh sumber daya yang ada baik sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha guna memastikan pemenuhan hak anak di Kab. Muara Enim.

Dalam rakor ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi komitmen bersama 22 Kecamatan sebagai bentuk dukungan pelaksanaan DRPPA Kab. Muara Enim untuk menyatukan gerak dan langkah bersama dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Muara Enim Layak Anak mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan.

Selain para peserta Rakor, turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas PPPA Prov. Sumsel, Unsur Forkopimda Kab. Muara Enim, Pj Sekretaris Daerah Kab. Muara Enim, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim.