Kapolres Buton Ajak Tokoh Masyarakat Sukseskan Vaksinasi

Buton - Kapolres Buton AKBP Gunarko mengajak tokoh masyarakat untuk menyukseskan gerakan vaksinasi.

“Mari kita sukseskan vaksinasi bersama-sama. Para camat, lurah dan kepala desa harus lebih kuat dan proaktif lagi dalam meningkatkan persentase capaian vaksinasi di Buton,” kata kapolres Buton saat evaluasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Buton, baru-baru ini.

Faktanya, kata kapolres, tak dapat dipungkiri masih banyak masyarakat yang percaya berita bohonh (hoaks), padahal vaksinasi terbukti aman dan halal. Jika vaksin berbahaya, maka yang sudah divaksin termasuk saya tidak akan baik-baik saja sampai saat ini.

“Para kepala puskesmas juga sudah melakukan upaya door to door untuk meyakinkan masyarakat tapi masih saja belum maksimal. Oleh karena itu, para camat, lurah dan kades harus lebih "strength" atau proaktif lagi agar masyarakat mau divaksin, termasuk vaksinasi kepada para lansia. Inovasi-inovasi hingga keterlibatan para tokoh masyarakat, juga tokoh adat sangat diperlukan dalam upaya sosialisasi vaksinasi yang lebih efektif kepada masyarakat," tutur kapolres.

Meski Buton termasuk daerah di level dua saat ini, lanjut kapolres, namun diharapkan agar tidak lengah dalam penanganan COVID-19, apalagi dengan munculnya varian baru atau gelombang ketiga saat ini di beberapa negara.