Gubernur Sumsel Sedekah Dusun di Desa Lebak Budi Muara Enim

Muara Enim - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru juga Ketua Kormi Sumsel Samantha Tivani Herman Deru mengunjungi Kabupaten Muara Enim, tepatnya ke Dusun I, Desa Lebak Budi, Kecamatan Panang Enim guna menghadiri Sedekah Dusun/Silaturahmi Akbar, Zuriat Anak Cucung Puyang Rindu Sebayan Ati (Mijan Tunggal) Desa Lebak Budi, Desa Lambur, Desa Keban Agung dan Desa Dusun Dalam, Kamis (2/12) siang.

Saat menyampaikan sambutannya, Gubernur HD mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Lebak Budi untuk memaknai Sedekah Dusun sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas segala berkah yang telah diberikannya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut HD langsung menjawab permintaan dari Ketua Panitia Sedekah Dusun Sais Nudin yang juga selaku Tokoh Masyarakat Desa Lebak Budi mengenai belum teralirinya listrik di beberapa titik, infrastruktur jalan, susah sinyal dan pembangunan SMA/SMK di Desa Lebak Budi.

"Saya minta kepada Pj Bupati Muara Enim membuat surat untuk diteruskan ke Gubernur Sumsel baik itu terkait listrik, infrastruktur jalan, susah sinyal sampai pembangunan SMA/SMK karena bagaimana anak-anak kita mau belajar dengan baik jika malam hari tidak ada lampu, bagaimana roda perekonomian desa bisa berjalan lancar jika jalan tidak ada atau jalan rusak, bagaimana mau berkomunikasi dengan lancar jika sinyal tidak ada dan terkait pembangunan SMA/SMK coba rapatkan dahulu bersama pemangku kepentingan di Kec. Panang Enim mau pilih yang mana, SMA/SMK karena harus dipilih salah satu, jika sudah sampaikan kepada saya, saya tunggu itu dan kita bangun SMA/SMK di Kec. Panang Enim," ucap Herman Deru yang disambut tepuk tangan dari seluruh masyarakat Desa Lebak Budi.

Lebih lanjut, terkait program yang baru saja dilaunchingnya yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP), HD mengajak seluruh masyarakat Lebak Budi dan Kab. Muara Enim pada umumnya untuk dapat sedikit mengubah pola pikir dari yang selama ini membeli menjadi memproduksi bahkan dapat menjadi penjual.

"Maksudnya, mulai sekarang masyarakat kita harus merubah sedikit pola pikir dengan manfaatkan perkarangan rumah menanan rempah-rempah, sayur mayur termasuk kolam ikan sehingga tidak lagi berpikir untuk membeli di pasar, dengan begitu maka dapat menekan angka belanja kebutuhan sehari-hari yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," terang HD.

Sementara itu, senada dengan Gubernur Sumsel, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar yang turut hadir dalam Sedekah Dusun tersebut mengajak masyarakat 4 (empat) Desa agar dapat memaknai  acara tersebut sebagai wujud syukur kepada sang pencipta, Allah SWT.

Kemudian, mengenai Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Pj Bupati Nasrun Umar mengatakan, Pemkab. Muara Enim sangat mendukung dan siap mewujudkan Gerakan SMP di Kab. Muara Enim karena menurutnya selain gerakan yang sangat mulia juga merupakan jalan menuju angka kemiskinan Sumsel satu digit mengingat dengan Gerakan SMP maka akan mengurangi pengeluaran rutin keluarga yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Nampak hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Forkopimda, Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani, para kepala perangkat daerah dan camat.