Wabup Richi Promosikan Parwisata Tanah Datar melalui Komunitas

Batusangkar - Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meiliki banyak potensi wisata. Terhitung 176 destinasi wisata sebagian besar bernuansa alam bahkan salah satu nagari, yaitu Nagari Pariangan yang sudah mendunia sebagai desa terindah. Bahkan Kabupaten Tanah Datar menerima penghargaan 11 Kabupaten Kota Kreatif se-Indonesia Tahun 2021 dari Kementerian PAREKRAF RI.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati saat menghadiri Anniversary Indonesia APV Club (IAC) Wilayah Ranah Minang yang ke-4 di Tanjung Indah Ombilin, Minggu (5/12), didampingi Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar dan Camat Rambatan.

“Tanah Datar miliki banyak potensi wisata, wisata alam, budaya dan religi yang bisa dikunjungi, saat ini kegiatan yang dilaksanakan IAC Ranah Minang sangat tepat, dimana wisata alam yang indah Danau Singkarak sebagai Danau Tektonik terbesar di Sumatera dikelilingi bukit yang menghijau dan Om dan Ante beserta keluarga silahkan juga kunjungi objek wisata yang lainnya di Tanah Datar,” ujar Richi Aprian dihadapan ratusan member IAC se-Sumatera.

Wabup Richi juga menyampaikan, Pemkab Tanah Datar terkait dengan pariwisata mengembangkan pola Academisi, Bisnis, Goverment dan Comunity (ABG plus C), pola ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah di sektor pariwisata.

“Terima kasih kepada IAC Ranah Minang yang sudah membantuh mempromosikan pariwisata Tanah Datar melalui komunitas ke seluruh nusantara, selamat Aniversary ke-4 kepada IAC Ranah Minang semoga jaya, kompak dan silaturahmi terus terjalin," ucap wabup.

Wabup juga ingatkan, pada saat ini Tanah Datar bahkan Indonesia masih dalam kondisi pandemi COVID-19, untuk selalu patuhi protokol kesehatan (prokes), dengan harapan usai pelaksanaan kegiatan ini pulangnya membawa cerita yang indah bukan membawa virus Corona dari Tanah Datar ke lingkungan daerah masing-masing.

Sebelumnya, Ketua Umum Indonesia APV Club (IAC) Surya Wibowo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah menerima dan mendukung komunitas IAC melaksankan kegiatan di sini, IAC di seluruh Indonesia memiliki 3.130 member dan untuk wilayah Sumbar sebanyak 74 member, kami mohon dukungan dari pemerintah daerah dan kami siap untuk mendukung program-program pemerintah daerah terutama mempromosikan pariwisata dan komit untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan prokes.

“IAC mengembangkan konsep kekeluargaan yang mengedepankan keluarga, setiap melaksanakan kopi darat member selalu membawa keluarga (Ante dan monik) untuk menjalin silaturahmi melalui rasa kekeluargaan serta melaksanakan bakti sosial kepada lingkungan wilayah kopdar," pungkasnya.