Pemkab Karo Launching Inovasi Daerah dan Serahkan Penghargaan

Kabanjahe - Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, melakukan Launching Inovasi Daerah Kabupaten Karo Tahun 2021 dan Penyerahan Penghargaan Inovasi Daerah Kabupaten Karo Tahun 2019-2020, di Aula Kantor Bupati, Selasa (7/12).

Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan bahwa pada 2020 Karo sudah mendapat predikat sebagai “Kabupaten Sangat Inovatif” dengan skor 3.319, ranking ke-49 Kabupaten se-Indonesia dan mendapatkan Dana Insentif Daerah.

"Dan pada tahun ini pada Lomba Inovasi Provinsi Sumatera Utara tahun 2021, berhasil meraih Juara II dengan judul Inovasi “Kentang Bertingkat”," ujarnya.

Bupati Cory S Sebayang juga mengapresiasi instansi pemerintah daerah Kabupaten Karo yang sudah berhasil menerapkan 55 inovasi pada tahun 2019-2020, dari 24 Instansi Pemerintah Daerah yang terdiri dari 11 Perangkat Daerah, 6 Kecamatan dan 7 Puskesmas, dan sudah dilaporkan ke KEMENDAGRI pada tahun 2021, melalui aplikasi IGA dan menjadi penilaian IGA Kabupaten Karo tahun 2021.

"Pada kesempatan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melakukan pemeringkatan dan pengukuran indeks terhadap instansi pemerintah yang sudah ikut serta dan ditetapkan dengan keputusan Kepala Daerah. Pemeringkatan tersebut dikelompokkan kedalam tiga kelompok yaitu kelompok perangkat daerah, kelompok kecamatan dan kelompok puskesmas," jelasnya.

Adapun Instansi Pemerintah Kabupaten Karo yang menerima Penghargaan Inovasi Daerah Kabupaten Karo tahun 2019-2021 adalah sebagai berikut :

  1. Indeks Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Karo Tahun 2021 dengan kategori Sangat Inovatif yaitu: Bappeda, Dinas Pariwisata dan Dinas Komunikasi dan Informatika. Dan kategori Inovatif yaitu: BPKPAD, DPMTSP, Dinas Pertanian, Disdukcapil, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim dan DPPPA.
  2. Indeks Inovasi kelompok Kecamatan Kabupaten Karo tahun 2021 dengan kategori Sangat Inovatif yaitu: Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Merdeka dan Kecamatan Payung. Dan kategori Inovatif yaitu : Kecamatan Namanteran, Kecamatan Laubaleng dan Kecamatan Tigapanah.
  3. Indeks Inovasi kelompok Puskesmas Kabupaten Karo tahun 2021 dengan kategori Inovatif yaitu : Puskesmas Berastagi, Puskesmas Mardinding, Puskesmas Tigabinanga, Puskesmas Payung, Puskesmas Juhar Puskesmas Korpri dan Puskesmas Barusjahe.

Pada kesempatan ini, tiga kelompok tersebut mendapatkan penghargaan berupa trofi dan sertifikat sesuai dengan peringkat dan indeksnya yang diberikan langsung oleh Bupati Cory S Sebayang.

Bupati Karo mengucapkan selamat dan menyampaikan rasa bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh segenap instansi di daerah setempat.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Purba, dan Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Sumatera Utara Martina Silaban, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Karo, camat dan kepala Puskesmas.