Dishub Kapuas Periksa Dua Tugboat dari Gresik dan Batam

Kuala Kapuas – Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas kembali memeriksa dan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap dua kapal jenis Tugboat yang berlayar dari Gresik, Jawa Timur dan Batam, Kepulauan Riau yang menuju Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara dengan melalui DAS Kapuas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (26/5) di Pelabuhan Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas.

Adapun jajaran Dinas Perhubungan didampingi Unsur Muspika Kecamatan Kapuas Kuala dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cabang Kuala Kapuas.

Kapal yang diperiksa antara lain Kapal TB. Johan Jaya139 asal Gresik menuju Buntok Kabupaten Barito Selatan yang mengangkut sebanyak 13 orang ABK dan TB. Kenzo asal Batam menuju Muara Teweh Kabupaten Barito Utara yang mengangkut ABK 10 orang.

Menurut keterangan petugas yang memeriksa kelengkapan dokumen dan penyemprotan mengungkapkan keadaan Kapal dan ABK baik–baik saja, tidak ada keluhan sakit dari para ABK serta saat diperiksa keadaan suhu badan semua dalam keadaan normal.

Kegiatan ini bertujuan mencegah penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Kapuas melalui jalur perairan, mengingat Kapuas saat ini menduduki urutan kedua penyumbang kasus positif COVID-19 di Kalimantan Tengah. Untuk itu pemerintah Kabupaten Kapuas terus berupaya agar kasus positif ini bisa berkurang bahkan tidak ada lagi kasus positif yang ada.