Diskominfo Kabupaten Cirebon Kunker ke Humas Setda Kota Bekasi

Bekasi - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja ke Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Selasa (7/12).

Dalam kunker Diskominfo Kabupaten Cirebon tersebut turut hadir Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Cirebon Kartikasari bersama para Kepala Seksi dan Staf Pelaksana. Mereka diterima langsung Kepala Bagian Humas Sajekti Rubiyah, S.E beserta para Kepala Subbagian (Kasubbag) pada Bagian Humas Setda Kota Bekasi, di Ruang Kerja Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bekasi.

Menurut Kartikasari, tujuan kunker kali ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan media.

Kartikasari mengaku banyak sharring positif dari kunjungan kerja tersebut dan nantinya dapat diterapkan di instansinya terutama terkait komunikasi publik dan media serta penerapan PPID.

“Terima kasih atas penerimaannya ini. Kami salut atas segala pencapaian prestasi Humas Setda Kota Bekasi sebagai Badan Publik Informatif Kategori Badan Publik Pemerintah Kota/Kabupaten Se- Jawa Barat dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat," ujar Kartikasari.

Menurutnya, pihaknya mengaku tertarik melakukan kunker di Humas Setda Kota Bekasi karena prestasi tersebut, terutama terkait penyebarluasan informasi.

"Warga harus tahu informasi tentang pemerintahnya. Untuk itu, kita semua sebagai agen informasi perlu untuk melakukan penyebarluasan informasi sebanyak-banyaknya dan merata," katanya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Cirebon sendiri mendapat peringkat pertama Badan Publik Menuju Informatif Kategori Badan Publik Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat.

"Dalam penghargaan Badan Publik Informatif di Jawa Barat, kemarin hari Senin (6/12/2021), alhamdulillah Kabupaten Cirebon mendapatkan Peringkat Pertama Kategori Kabupaten/Kota Menuju Informatif. Ke depan, dari hasil kunjungan kerja ke Kota Bekasi ini semoga bisa menjadi motivasi untuk menjadi Badan Publik yang Informatif," ujarnya.

Menurut Kartikasari, dari kunjungan kerja ke humas Kota Bekasi, selain untuk memperat silaturahmi juga nanti akan selalu berkonsultasi dan berkoordinasi secara jarak jauh.

"Banyak ilmu yang bisa kita ambil dari kunjungan Kerja ini. Semoga Diskominfo Kabupaten Cirebon terus melengkapi dan memperbaiki untuk melangkah yang lebih baik lagi serta bisa kita implementasikan segera dan semoga dari kunjungan kerja yang sifatnya sharing ilmu ini bermanfaat bagi Diskominfo Kabupaten Cirebon," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Sajekti Rubiyah mengaku kunjungan kerja Diskominfo Kabupaten Cirebon ke Humas Setda Kota Bekasi sifanya saling sharring ilmu.

"Semoga sharing ilmu ini bisa ada manfaat bagi rekan-rekan Diskominfo Kabupaten Cirebon," ujarnya.

Menurut Sajekti, pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai media baik untuk skala lokal maupun nasional dalam melakukan kerjasama advetorial penyebarluasan informasi.

“Kami bekerjasama dengan berbagai media baik media cetak dan media online. Adapun bahan-bahan untuk media-media tersebut adalah dengan menaikkan press release hasil liputan Humas Kota Bekasi terkait program-program Pemkot Bekasi baik aktivitas Kepala dan Wakil Kepala Daerah, dan lainnya yang isinya informasi positif, lugas, dan terpercaya," ungkapnya.

Sajekti mengungkapkan, pihaknya menerima penghargaan Badan Publik Informatif Kategori Badan Publik Pemerintah Kota/Kabupaten Se- Jawa Barat dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bertempat di Aula Barat Gedung Sate, Bandung.

“Alhamdulillah, kami baru saja mendapatkan penghargaan Badan Publik Pemerintah Kota/Kabupaten Informatif se- Jawa Barat. Hal itu diraih dari inovasi-inovasi yang kami lakukan dengan monitoring dan evaluasi penerapan keterbukaan informasi publik pada PPID Pembantu melalui tiga kategori, yakni Pelayanan PPID Pembantu, Pengelolaan Pengaduan Publik, dan Pengelolaan Media Sosial Perangkat Daerah, serta telah dibentuknya Sub Unit PPID Pembantu di lingkup PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Bekasi," katanya.

Dalam kunjungan kerja tersebut membahas tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi dalam ruang lingkup kerjasama Advetorial Penyebarluasan Informasi Pemerintah Kota Bekasi, lalu tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi selaku PPID Utama Pemerintah Kota Bekasi, serta sistem penerimaan Kunjungan Kerja dari luar Daerah ke Kota Bekasi yang juga merupakan tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi.