Sosialisasi UU ITE, IWABRI Gandeng Diskominfo Ngawi

Ngawi - Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI) mengandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ngawi dalam Sosialisasi UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 yang bertema "Cerdas dan Bijak Dalam Bermedia Sosial, di Ades Cafe, Rabu (08/12).

Ketua IWABRI Ngawi Pungky Ardhani mengungkapkan kegiatan ini sebagai tambahan wawasan bagi anggota IWABRI Ngawi, terutama dalam bermedia sosial.

"Media sosial sejatinya dibuat untuk mempermudah berbagi informasi. Tapi kenapa, justru banyak sekali penyalahgunaan melalui medsos," katanya.

Melalui medsos, segala hal mudah diakses meskipun tidak bisa dipungkiri dampak positif maupun negatifnya, lanjut Ketuq IWABRI.

"Belum lagi adanya konten yang merusak moral, SARA dan berita bohong atau 'hoaks'," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Ngawi melalui Kabid TIK, Statistik dan Persandian, Satria Eka Widhiarsa sebagai narasumber menyampaikan saat ini kepekaan sosial mulai hilang, etika dan emosi sosial berkurang akibat terlalu mengikuti media sosial yang belum tentu benar atau hoaks.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan ada peningkatan kesadaran dalam Keamanan informasi khususnya saat ibu ibu banyak melakukan kegiatan transaksi elektronik," katanya.

Satria juga menjelaskan bahwa ada sejumlah kasus saat bermedsos tetapi tidak dengan tanggung jawab, sehingga merugikan diri sendiri, lingkungan dan keluarga.

“Jarimu harimaumu, saring before sharing," tandasnya.