Bupati Kubu Raya: Dinas Perkebunan Perlu Dijadikan OPD Sendiri Agar Lebih Fokus

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, terus berupaya memanfaatkan dan memaksimalkan sektor perkebunan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan berkolaborasi dan bermitra bersama perusahaan perkebunan.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pemerintah daerah akan terus berupaya dengan langkah-langkah yang progresif dan selalu membangun komunikasi dengan berbagai pihak terutama dengan pihak perusahaan perkebunan. Bupati menyadari, setiap invetasi tentu tidak terlepas dari tantangan problem, baik sosial, ekonomi dan sebagainya.

“Untuk itu, Dinas Perkebunan tetap perlu kita jadikan Organisasi Perangkat daerah (OPD) sendiri agar bisa lebih fokus, sehingga bisa mengejar dan mencari format dalam menghadapi berbagai dinamika agar tidak terlalu rumit di dalam merumuskan banyak hal yang harus dijadikan cara berfikir bersama," kata Bupati Muda Mahendrawan dalam sambutan Hari Perkebunan ke-46 di Qubu Resort, Kamis (9/12).

Bupati menambahkan, Dinas Perkebunan nanti akan bergabung dengan pertenakan, gabungan OPD ini justru akan mempermudah dan meluruskan persepsi sekaligus membangun komunikasi yang lebih efektif, baik dari pusat, daerah maupun dengan elemen yang lainnya.

“Kepong Bakol inikan semuanya ikut bergerak dan berkontribusi, baik dengan fikiran, gagasan, hasil risert, dengan berbasiskan informasi dan data dan sebagainya yang mana semua tu mengarah pada upaya penguatan program pembangunan," jelas bupati.

Muda menilai, sektor perkebunan merupakan sektor yang ada di masyarakat yang beririsan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Justru di sektor perkebunan ini, masyarakat Kubu Raya di berbagai titik justru akan membuat Pemkab Kubu Raya terus berupaya bagaimana agar tidak terjadi interprestasi dan justru masyarakat lebih bergairah untuk memanfaatkan lahan masyarakat agar bisa lebih produktif.

“Kalau kita lihat, sektor perkebunan memiliki prospek yang berorientasi ekspor, baik sawit maupun perkebunan masyarakat yang saat ini mengalami situasi yang sangat baik. Kita sekarang berupaya untuk mengejar semua ini agar di desa-desa pun kita juga memperkuat desa itu dengan tatan yang lebih baik," ujarnya.

Menurut Bupati, jika desa sudah mendapatkan trust (kepercayaan) dari masyarakat, maka akan jauh lebih mudah bagi pemerintah Kubu Raya untuk bisa melakukan upaya-upaya ‘kepong bakol’ dengan perusahaan dan juga dengan semua masyarakat luas, baik itu yang bermitra maupaun yang mandiri.

“Makanya kita labih fokus pada bagaimana solusi-solusi yang kita kejar, agar semua lebih menyegarkan dan lebih memberikan nilai tambah jalan keluarnya. Untuk seluruh sektor kita memberikan pemahaman agar bagaimana semuanya bisa ternavigasi dengan sistem informasi yang tepat, faktual, clear dan juga serta bisa memberikan gambaran yang lebih baik kepada semua pihak," tutup bupati.