Mendes Ziarah Ke Makam Pionir Transmigrasi Indramayu

Indramayu - Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar mendampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan ziarah ke makam pionir transmigrasi di Desa Sukra, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (9/12).

Kegiatan ziarah ini sebagai bagian peringatan ke-71 Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) Tahun 2021 yang jatuh setiap 12 Desember.

Dalam ziarah tersebut, Bupati Nina Agustina dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar melakukan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan dan doa kepada pionir transmigrasi yang gugur pada 11 Maret 1974.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan ziarah untuk mengenang gugurnya rombongan pionir transmigrasi pada tahun 1974 yang lalu. Dalam peristiwa nahas tersebut, rombongan transmigrasi yang berjumlah 70 orang yang berasal dari Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, hendak menuju ke UPT Rumbia Lampung.

Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan, Kemendes PDTT mengadakan tabur bunga untuk memberikan apresiasi kepada warganya yang dahulu selamat dalam kejadian tersebut.

"Salah satunya putra-putra yang selamat yaitu Suyanto. Beliau selamat pada kejadian itu tepat berumur 11 tahun, Djaelani saat itu berumur sudah remaja 19 tahun dan Sangidu dulu berumur 9. Oleh Kemendes PDTT, yang selamat itu akhirnya menjadi ikon Sahabat Desa dan Sahabat Transmigran," pungkasnya.