Subuh Bergerak di Desa Pohkonyal Pangkur, Bupati Ngawi Luncurkan BU KARINA CEKATAN

Ngawi - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono didampingi Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko bersama Sekretaris Daerah Mokh Sodiq Triwidiyanto beserta jajaran pimpinan OPD melakukan salat Subuh berjamaah bersama masyarakat, yant kali ini dilakukan di Desa Pohkonyal, Kecamatan Pangkur, Jumat (10/12).

Bupati Ony Anwar Harsono mengatakan bahwa kegiatan Subuh Bergerak ini untuk memanifestasikan waktu dalam melakukan aktivitas kegiatan, disamping salah satu program yang menjadi strategi Pemkab Ngawi dalam memberikan layanan optimal secara dini untuk masyarakat, juga sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan, dan melihat secara langsung kondisi di dilapangan sehingga intervensi yang dilakukan bisa tepat sasaran.

"Seperti kegiatan rumah pangan lestari yang dilakukan dirumah penduduk sebagai sumberdaya lokal yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam," terang bupati.

Dalam kesempatan ini, bupati Ngawi juga meluncurkan inovasi percepatan fasilitas layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat melalui program BU KARINA CEKATAN (Buat E-KTP dan KIA Cetak di Kecamatan).

Diungkapkan Ony Anwar Harsono, program ini sangat penting untuk mendukung program percepatan pengentasan dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Ngawi.

“Karena bisa jadi warga yang tidak mendapatkan program terkait pengentasan kemiskinan hanya kurang satu syarat administrasi kependudukan. Maka, dengan hadirnya inovasi ini diharapkan tidak ada lagi alasan Pemkab tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat karena tidak memiliki administrasi kependudukan," tandasnya.

Selain itu, bupati Ngawi berharap di tahun 2022 mendatang disetiap Kecamatan bisa mobile untuk pencetakan E-KTP, KK, KIA, Akte Kematian, sehingga pelayanan administrasi dengan masyarakat.

“Nanti kita yang akan jemput bola, tidak masyarakat yang mengajukan tapi kita yang akan menginventarisasi masyarakat yang belum mempunyai administrasi kependudukan," ujarnya.

Di sela kegiatan ini dilakukan pemberian sejumlah bantuan dan penyerahan data kependudukan kepada masyarakat di desa setempat.