Bupati Nina Keliling Posyandu Kecamatan Indramayu

Indramayu -- Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar meninjau Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di wilayah Kecamatan Indramayu. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemberikan vitamin dan gizi kepada anak bawah lima tahun (balita) terpenuhi.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Indramayu Nina Agustina didampingi Asisten Daerah Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Maman Kostaman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Indramayu Sugeng Heryanto, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Indramayu Deden Boni Koswara melihat langsung pelaksanaan Posyandu di Kelurahan Bojongsari, Karangmalang dan Kepandean, Jumat (10/12).

Di hadapan ibu-ibu yang membawa Balita, Bupati Indramayu Nina Agutina meminta kepada orang tua untuk memeriksa kondisi Kesehatan anak. Karena, tambahnya, kondisi anak perlu diperhatikan untuk memastikan kesehatannya terjamin melalui pelayanan Posyandu di masing-masing kelurahan atau desa.

“Terimakasih banyak ibu-ibu semuanya yang membawa anak balita, semuanya peduli terhadap kesehatan, semoga nanti kelak anak ibu-ibu smart dan sholeh dan sholeha. Jadi semuanya terkontrol dari gizinya dan jadwal-jadwal kesehatannya serta imunisasinya,” imbaunya.

Bupati Nina Agutina berharap, para kader Posyandu bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat mulai dari penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, peningkatan gizi, imunisasi, penanggulangan diare dan kepada ibu hamil yang mencakup pemeriksaan kehamilan, pemenuhan gizi ibu hamil serta memberikan konsultasi terkait kesiapan persalinan dan pemberian ASI.

“Semua layanan akan dipandu dan dibantu oleh para kader Posyandu untuk menuju anak-anak Indramayu Bermartabat (Bersih, Religus, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Indramayu Sugeng Heryanto mengatakan, kepedulian Bupati Indramayu Nina Agustina terhadap anak-anak di Indramayu sangat luar biasa. Menurutnya, Ibu Bupati ingin anak-anak Indramayu sehat-sehat dan tentunya smart melalui pelayanan Posyandu di wilayah Indramayu.

“Ini salah satu wujud dari seorang pimpinan dalam hal ini Ibu Bupati memberikan pembinaan kepada lembaga kemasyarakatan desa salah satunya posyandu,” katanya.

Sugeng memaparkan, terdapat 2.300 Posyandu yang tersebar di Kabupaten Indramayu. Semuanya telah diinstruksikan untuk mengoptimalkan segala pelayanan sebagai upaya penurunan angka stunting di Indramayu.

“Di kita ini ada 2300 Posyandu dan hari ini kita kunjungi 3 posyandu oleh beliau. Ini sebagai wujud empati seorang pimpinan. Termasuk untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Indramayu,” katanya.

Sementara itu, saat berkeliling Posyandu di wilayah Kecamatan Indramayu, Bupati Nina Agustina sempat menggedong anak balita. Bupati Nina berharap, ketika dewasa nanti, menjadi anak yang bisa membawa perubahan dan kemajuan untuk Kabupaten Indramayu.

Tidak lupa, Bupati Nina Agustina bagi-bagi bingkisan berisi vitamin dan gizi serta tumbler minuman bergambarkan dirinya yang selalu memberikan pelayanan dengan hati dan cinta kepada masyarakat.