Wujudkan Efektivitas Pelayanan Masyarakat, Pemdes Punggur Besar Kubu Raya Launching Mesin APM

Kubu Raya - Pemerintah Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, resmi meluncurkan Anjungan Pelayanan Mandiri (APM) dan produk ekonomi inovasi desa piring opeh (pelepah) pinang.

Kepala Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Anwar M. Nur mengatakan, Pemerintah Desa Punggur Besar terus berusaha berbenah, mengevaluasi diri dan berinovasi agar dapat mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, sehingga ada kererbukaan dan efektivitas pelayanan masyarakat.

"Atas dasar itu, tercetuslah ide pelayanan berupa Mesin Anjungan Pelayanan Mandiri," kata Anwar di sela launching APM dan produk ekonomi inovasi desa piring opeh pinang di halaman kantor Kepala Desa, Sabtu (11/12).

Anwar mengharapkan mesin APM ini mampu mendorong percepatan dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dan prima dalam melayani 8 ribu lebih jiwa penduduk desa Punggur Besar.

"Hadirnya mesin APM ini juga diharapkan mampu mewujudkan visi Desa Punggur Besar yaitu bersama membangun Punggur Besar Menuju Desa Mandiri, Terdepan, Berkualitas dan Berakhlak dan misi Desa Punggur Besar yang pertama yaitu mewujudkan pemerintah desa yang jujur, beribawa, serta mengambil keputusan yang cepat dan tepat," jelasnya.

Anwar menambahkan, saat ini Desa Punggur Besar memiliki luas wilayah kurang lebih 8.801 hektar dengan jumlah penduduk 8 ribu lebih jiwan dan jumlah Kepala Keluarga lebih dari 2 ribu KK.

"Kami terus berproses lebih baik dari tahun ke tahun dan Alhamdulillah pada tahun 2020 berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), Punggur Besar masuk dalam kategori desa mandiri dan juga masuk dalam kualifikasi desa swadaya," ujarnya.

Anwar menambahkan, saat ini struktur organisasi di Pemdes Punggur Besar memiliki tiga orang Kepala Seksi (Kasi) dan tiga orang Kepala Urusan (Kaur).

"Alhamdulillah, pada tahun 2021 ini, kami juga dipercaya mewakili Kecamatan Sungai Kakap untuk mengikuti sebagai salah satu Desa Smart Village (desa cerdas)," ucapnya.

Di tempat yang sama, Camat Sungai Kakap Rusdety menyampaikan terima kasih kepada bupati Muda Mahendrawan yang selalu mensupport setiap desa agar mampu menciptakan inovasi dan menggerakan seluruh masyarakat Sungai Kakap.

"Terima kasih pak bupati atas support dan inovasinya dan kami masyarakat Sungai Kakap siap bergerak. Diharapkan dengan adanya mesin APM ini mampu meningkatkan dan mempermudah bagi Pemdes Punggur Besar memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Rusdety meyakini pelayanan dengan menggunakan mesin APM yang dilakukan Pemdes Punggur Besar ini menjadi yang pertama di provinsi Kalbar.

"sedangkan untuk di Indonesia, sudah ada beberapa desa di provinsi Jawa Tengah yang telah menggunakan mesin APM ini," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Desa Punggur Besar telah membuktikan dan telah mengejar inovasi, yang mana satu diantaranya produk UMKM.

"Alhamdulillah, sampai saat ini jumlah produk UMKM di Kubu Raya mengalami peningkatan yang sangat drastis dari data yang kita himpun. Satu diantaranya dengan pemanfaatan opeh pinang yang sudah sangat luar biasa, satu kali dayung, dua sampai tiga manfaat yang kita lakukan. Ini langkah terobosan yang luar biasa," pujinya.

Bupati menilai, inovasi itu bukanlah soal yang canggih-canggih, namun inovasi itu bagaimana bisa fokus mencari jalan keluar dan solusi dari yang tadinya terbuang menjadi bermanfaat dan dari yang sulit terlayani menjadi mudah melayani.

"Sebenarnya inovasi-inovasi apapun yang dilakukan bersumber dari kebutuhan-kebutuhan dasar kita bagaimana semua itu bisa terlayani dan terbuka peluangnya. Karena tanggung jawab pemerintah itu, bagaimana semuanya bisa hidup tenang, cukup gizi, cukup pangan, bisa hidup sehat dan mengejar kebahagiaan," tegas bupati.

Launching Anjungan Pelayanan Mandiri Pemdes Punggur Besar dan launching produk ekonomi inovasi desa piring opeh/pelapah pinang ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti kantor Desa Punggur Besar yang baru oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Selain itu, bupati juga melakukan penggunaan Anjungan Pelayanan Mandiri dan meninjau stand UMKM yang menampilkan berbagai kerajinan tangan masyarakat Punggur Besar dan Rumah Pintar Punggur Cerdas.

Kegiatan ini juga dihadiri Kabid Bina Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kubu Raya Rini Kurnia Solihat, Kepala Dinas Sosial Anusapati, Sekretaris Bappeda Faisal Hadi Jaya dan berapa Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya melalui Puskesmas Sungai Kakap menggelar vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua bagi masyarakat umum.