Bupati Mabar Buka Pra Asia International Water Week ke-2

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi membuka secara resmi kegiatan "Pra Asia International Water Week (AIWW) ke-2" di Labuan Bajo.

"Dalam rangka persiapan menuju kegiatan besar pada Maret 2022 nanti, hari ini kami boleh berbangga dengan Labuan Bajo kembali dipercaya untuk menjadi titik start awal dalam mempersiapkan agenda penting dan strategis dimaksud melalui pelaksanaan “Pra Asia International Water Week ke-2," kata Bupati Endi, saat membuka kegiatan Pra AIWW, di Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Senin (13/12).

Menurutnya hal ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam memperkenalkan Labuan Bajo kepada Dunia internasional sebagai Destinasi Pariwisata Super Premium.

Ia menjelaskan Kabupaten Manggarai Barat dengan Labuan Bajo sebagai Ibu Kota merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dikatakannya sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan DPSP-Labuan Bajo, pemerintah melalui kementerian dan Lembaga telah melakukan banyak hal, baik dalam pembangunan sarana prasarana, pembangunan sumber daya manusia maupun bantuan teknis lainnya, melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan lintas kementerian.

"Sebagaimana diketahui “Asia International Water Week” merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam memecahkan masalah perairan di Asia," ungkap Edi Endi.

“ASIA INTERNASIONAL WATER WEEK” tahun ini merupakan pelaksanaan untuk ke-2 kalinya setelah pelaksanaan sebelumnya di Korea Selatan pada tahun 2017. Indonesia kemudian dipercaya untuk menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan event strategis dimaksud.

"Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya selaku Kepala Daerah mewakili pemerintah kabupaten dan seluruh masyarakat Manggarai Barat menyampaikan terimakasih," imbuh bupati ujung barat pulau Flores tersebut/

Sebagai informasi, pada Maret 2022 mendatang, Labuan Bajo ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan event tiga tahunan, yakni AIWW yang ke-2 dengan tema "Air yang Cukup dan Berkelanjutan untuk Semua”.