Kota Banjarbaru Raih Penghargaan Smart City dari Kominfo

Banjarbaru – Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, meraih penghargaan di bidang kategori "Smart Living" Gerakan Menuju Smart City.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kepada Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Selasa (14/12).

Aditya Mufti Ariffin dalam kesempatan ini, mengungkapkan rasa syukur yang setinggi-tingginya atas penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah hari ini menerima penghargaan Smart City dibidang Smart Living oleh Menteri Kominfo,” ungkapnya.

Sang pimpinan Banjarbaru ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD, dari tingkat kota hingga rukun tetangga yang selama ini telah maksimal dalam memberikan pelayanan, serta buah pikiran untuk memajukan Kota Banjarbaru.

“Kepada Kepala Daerah sebelumnya yang telah berjuang maksimal demi kenyamanan serta kreativitas untuk kemajuan Kota Banjarbaru. Sehingga, daerah kita termasuk dalam 100 kab/kota menuju smart city,” ucapnya.

Diketahui, Kominfo juga telah memberikan pendampingan serta penyusunan masterplan induk smart city kepada 48 kota/kabupaten yang berada di kawasan pariwisata nasional dan ibu kota Negara baru. Yang dimana smart city ini merupakan program pengembangan berkelanjutan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses informasi, yang ditujukan kepada masyarakat.

Dalam dokumen masterplan smart city tahun 2019-2023 tercatat ada enam dimensi, diantaranya, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environtment dan Quick Win.

Untuk pemberian piagam penghargaan ini sendiri merupakan rangkaian program Indonesia Smart City Coference dengan garis merah utama upaya pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam implementasi Kota Cerdas. (tim)