Pastikan Stok Bahan Pangan Aman, Pemkab Landak Sidak Pasar Ngabang

Landak - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Landak melakukan monitoring dan evaluasi terhadap puluhan pedagang di Pasar Ngabang, Selasa (14/12) pagi.

Kegiatan yang diawali dengan apel persiapan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Landak Vinsensius, dihadiri Kasatpol-PP, Kepala Dinas Kumindag, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kesehatan serta anggota tim monitoring.

Dalam arahannya, sekda Landak mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan guna memastikan kesetersediaan pangan serta untuk memantau harga sembako menjelang perayaan hari natal.

"Hari ini kita akan melakukan aksi turun lapangan dalam rangka monitoring, pengawasan sembako dan pangan. Pengawasan ini perlu dilakukan mengingat biasanya menjelang hari raya Natal terjadi peningkatan harga sembako di sekitar Ngabang, oleh sebab itu untuk memastikan stok pangan aman serta harga tetap stabil maka diperlukan pemantauan," ujar sekda Landak.

Sementara itu saat ditemui dalam kegiatan berlangsung Kadis Diskumindag Rosalia Elisabet mengatakan bahwa harga cenderung stabil meski ada beberapa jenis pangan yang mengalami peningkatan harga, hal ini dikatakannya berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan.

"Sidak mulai pukul 08.00-10.30 WIB, yang kami sidak tadi itu adalah harga dan stok barang di Pasar Jati, Pasar Tengah, Wilayah Terminal, Pasar Tradisional. Berdasarkan hasil sidak ditemukan harga bahan pokok dan penting (Bapokting) yang mengalami peningkatan harga yakni minyak goreng dan cabai sedangkan pangan lainnya cenderung stabil," ujar Kadis Kumindag kepada Media Center.

Selain itum Rosalia juga menambahkan selama melakukan pemantauan bahan pangan, pihaknya tak jarang menemukan pangan yang sudah kadaluarsa serta tidak layak jual.

"Dari hasil rekapan dan laporan tim dilapangan, kita juga masih menemukan beberapa toko yang masih memajang barang dengan kondisi tidak layak jual misalnya bentuknya rusak hingga barang yang sudah kadaluarsa. Untuk hal ini bagi barang yang sudah kadaluarsa kita lakukan penyitaan serta jika ditemui barang kondisi rusak maka kita minta pemilik toko supaya memisahkan barang tersebut dari barang lainnya dan disarankan untuk diretur," pungkasnya.

Seperti diketahui berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Diskumindag Kabupaten Landak, berikut bahan pangan yang harganya cenderung stabil serta bahan pangan yang mengalami kenaikan harga dalam 12 hari terakhir.

Bahan Pangan dengan Harga Rata-Rata Stabil

  1. Beras Premium merk Tupai Madu : Rp. 13.500/Kg
  2. Minyak goreng curah : Rp. 20.000/Kg
  3. Daging sapi murni : Rp. 150.000
  4. Telur ayam broiler : Rp. 1.800/butir
  5. Susu Bendera : Rp. 11.000/kaleng
  6. Bawang merah : Rp. 32.000/Kg
  7. Bawang putih : Rp. 28.000/Kg
  8. Garam beryodium : Rp. 4.000/bungkus
  9. Tepung Segitiga : Rp. 11.000/Kg

Bahan Pangan dengan Harga Rata-Rata Meningkat

  1. Beras Premium merk Strawberry : Rp. 14.000/Kg
  2. Beras Premium merk Ikan Raja : Rp. 11.000/Kg
  3. Minyak Goreng merk Tawon : Rp. 21.000/liter
  4. Sapi paha belakang : Rp. 120.000/Kg
  5. Ayam broiler potong : Rp. 40.000/Kg
  6. Cabai besar merah : Rp. 80.000/Kg
  7. Cabai keriting : Rp. 70.000/Kg
  8. Cabai rawit : Rp. 120.000/Kg
  9. Kacang kedelai lokal : Rp. 12.000/Kg