DLHKP Kediri Tanam Pohon di Kelurahan Manisrenggo

Kediri - Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri menyelenggarakan kegiatan penghijauan penanaman pohon di Kelurahan Manisrenggo pada Selasa (14/12). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia 2021 yang mengusung tema "Mari Kita Menanam Pohon Menuju Go Green Kota Kediri, Indonesia Tangguh Dan Indonesia Tumbuh".

Kepala DLHKP Kota Kediri Muhammad Anang Kurniawan, dalam sambutannya menyampaikan, jika menurut pengamatannya kesadaran masyarakat dalam menanam pohon semakin lama semakin tinggi.

"Hal itu dibuktikan dengan banyak partisipasi dari organisasi masyarakat, pihak swasta, dukungan lembaga pendidikan yang diketahui selama 3 tahun terakhir telah melakukan moto tiada hari tanpa menanam pohon," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan jika peran hutan kota semakin hari semakin penting sebagai salah satu elemen konsep pembangunan kota. Mengingat hampir semua kota di Indonesia menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) yang memiliki banyak manfaat bagi suatu daerah.

"Keberadaan ruang terbuka hijau sangat strategis dihubungkan dengan konsep pembangunan kota. Alhamdulillah, semua kebijakan Pemkot Kediri mengenai penghijauan dan penanaman pohon selalu mendapat sambutan yang tinggi dari masyarakat dengan antusiasnya untuk menanam pohon," imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Muhammad Anang Kurniawan mengatakan jika gerakan menanam pohon bisa menjadi budaya dan dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Untuk itu, ia meminta semua pihak lapisan masyarakat untuk selalu mendukung gerakan menanam pohon ini.

"Antusiasme masyarakat yang besar untuk menanam pohon ini bisa kita jadikan sebagai budaya dan alat pemersatu bangsa. Semoga kegiatan ini nantinya dapat bermanfaat dan kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dari program Pemkot Kediri yaitu satu kelurahan satu RTH," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Manisrenggo Bambang Suprianta menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan menanam pohon ini sejalan dengan salah satu program dari Kelurahan Manisrenggo. Ia mengatakan kedepan akan mencanangkan disetiap rumah dapat menanam minimal 1 pohon di wilayah Kelurahan Manisrenggo.

"Entah disengaja atau tidak, kegiatan ini sangat sejalan dengan program kita di Kelurahan Manisrenggo. Kita sudah menganggarkan untuk penghijauan di wilayah kita bersama dengan PKK dan Karang Taruna. Nantinya kita mempunyai program minimal 1 pohon dapat ditanam disetiap halaman rumah warga. Utamanya pohon yang produktif atau yang berbuah," ucapnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon di Kelurahan Manisrenggo ini, sebanyak 115 pohon diberikan untuk ditanam. Pohon yang akan ditanam terdiri dari 50 pohon nangka super, 50 pohon alpukat aligator, dan 15 pohon ketapang kencana.