BPN OKU Serahkan 1.188 Sertifikat kepada Masyarakat

Baturaja - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang, Rabu (15/12).

Penyerahan sertifikat tanah ini dilakukan secara  virtual oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang dipusatkan di Aula Pemkab OKU Timur (Balai Rakyat) bersama dengan Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plh Bupati OKU Edward Candra, Bupati OKU Timur Lanosin, Ketua PN Baturaja Halida Rahardini beserta tamu udangan lainnya.

Kepala BPN OKU Abdullah Adrizal mengatakan, jumlah sertifikat tanah yang akan diserahkan kepada masyarakat OKU sebanyak 1.188 sertifikat.

“Secara simbolis penyerahannya sudah kita serahkan kepada 35 masyarakat pada kegiatan tersebut oleh Bapak PLH Bupati OKU Drs Edwar Candra, 35 orang itu 20 orang masyarakat Baturaden dan 15 orang masyarakat Saung Naga,” tuturnya.

Dirincikan pria yang akrab disapa Rizal ini, jumlah serrifikat yang dibagikan berasal dari 3 desa yakni Desa Baturaden sebanyak 793 sertifikat, Desa Saung Naga sebanyak 340 sertifikat dan Desa Tubohan sebanyak 55 sertifikat.

“Jadi total sertifikat yang akan kita serahkan sebanyak 1.188 sertifikat,” sebutnya.

Dengan diserahkannya sertifikat ini masyarakat, ujarnya, BPN akan lebih siap menghadapi era digitalisasi karena seluruh bidang tanah telah terdaftar, pemerintah daerah dapat lebih terarah untuk membangun karena data bidang tanah lengkap serta kepastian hukum hak atas tanah lebih terjamin. Selain itu diharapkan ekonomi masyarakat lebih sejahtera karena adanya akses permodalan.

“Sudah pasti permasalahan kejahatan pertanahan akan minim,” tandasnya.