Bupati Banjar Berikan Penghargaan kepada Empat Kampung Iklim

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur melakukan Launching Menanam Bersama MANIS, serta penyerahan plakat kepada empat Kampung Iklim di Pondok Pesantren Takhasus Tanjung Rema Darat Martapura, Kamis (16/12) pagi.

Bupati Saidi Mansyur, dalam sambutannya berharap kegiatan menanam bersama MANIS ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, mengingat manfaat penting yang dirasakan dengan keberadaan tanaman di sekitar sebagai sumber oksigen dan sebagai penyejuk disaat matahari bersinar dengan terik, serta menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Dikatakan Saidi, menanam pohon adalah menyelamatkan kehidupan, satu pohon mampu menghasilkan 1,2 kilogram oksigen per hari, dan tindakan tersebut akan diganjar sebagai amal jariyah.

”Karena memiliki manfaat yang sangat penting tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan penanaman pohon bersama MANIS yang saya programkan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar. Ayo kita menanam, Insya Allah penanaman pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan lingkungan hidup yang juga dinikmati anak cucu kita di masa yang akan datang,” ajaknya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pegiat Program Kampung Iklim (Proklim) diantaranya Kelurahan Sekumpul, Desa Indrasari, Desa Mandikapau Barat dan Pondok Pesantren Darul Hijrah yang diserahkan Bupati Banjar kepada masing masing perwakilan penerima.

Atas raihan prestasi di tingkat nasional sebagai Kampung Iklim Utama,  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memberikan bantuan dana sebesar sepuluh juta rupiah kepada Desa Mandikapau Barat dan Ponpes Darul Hijrah serta mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalsel berupa kendaraan roda tiga.