Pemkab Aceh Barat dan Forkopimda Rakor Rencana Tatanan Hidup Baru

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan Forkopimda terkait rencana penerapan tatanan hidup baru di Ruang Rapat Bupati, Kamis (4/6).

Rapat yammng dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS, diikuti oleh kasrem 012 Teuku Umar, dandim 0105, kapolres Aceh Barat, perwakilan dari kajari, ketua Pengadilan Meulaboh, ketua Mahkamah Syariah, ketua MPU, asisten 1 Setda, kepala SKPK terkait, ketua MPD dan undangan lainnya.

Rapat tersebut membahas mengenai Seruan Bersama yang akan dikeluarkan oleh Forkopimda Aceh Barat tentang kebijakan dan protokol penerapan tatanan hidup baru di tempat-tempat publik seperti sekolah, pasantren, tempat ibadah, pasar, objek wisata, instansi-instansi pemerintah, bank, tempat-tempat usaha dan pelayanan masyarakat yang berpotensi terjadi kerumunan massa.

Bupati Aceh Barat Ramli MS, dalam arahannya meminta agar kebijkan dan protokol di dalam Seruan Bersama Forkopimda terkait tatanan hidup baru nantinya sesuai standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Tidak hanya itu, Bupati Ramli juga meminta agar kebijakan dan protokol di dalam Seruan Bersama tersebut harus sesuai aturan dan ketentuan pemerintah pusat.

Selain itu, Bupati Ramli juga meminta agar Tim Gugus Tugas Kabupaten Aceh Barat tetap waspada dan jangan lengah dalam penanganan pandemi virus corona, karena jumlah penderita positif skala nasional terus meningkat.

Untuk itu, Bupati Ramli meminta agar posko pemeriksaan di perbatasan dan Satgas-satgas COVID-19 di Gampong-gampong tetap dibuka dan beraktivitas seperti biasa.

Ramli juga meminta kepada warga pendatang atau tamu yang memasuki wilayah Aceh Barat untuk wajib melaporkan dirinya kepada keuchik atau satgas COVID-19 yang ada di Gampong-gampong. Selain itu, Ramli meminta agar dibentuk tim pengawasan yang terdiri dari Kepolisiab, TNI dan instansi terkait lainnya untuk mendeteksi warga luar yang masuk wilayah setempat.

Selain itu, terkait penerapan tatanan hidup baru dalam proses belajar mengajar, Bupati Ramli berencana akan membagikan masker ke seluruh siswa dan santri di Aceh Barat, agar terhindar dari penularan COVID-19.