BMKG Bogor: Hujan Ekstrem Berpotensi Terjadi hingga Desember

Bogor- Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca ekstrem adanya hujan lebat disertai petir yang berpotensi terjadi hingga Desember 2018.

"Potensi masih ada sampai Desember, bahkan ketika peralihan dari musim hujan ke kemarau nanti juga berpotensi hujan ekstrem. Jadi perlu diwaspadai ketika petir sudah menyambar segeralah mencari perlindungan," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra di Bogor, Rabu.

Hadi mengatakan, saat ini wilayah Bogor khususnya, dan sebagian Jawa Barat umumnya telah memasuki musim penghujan. Namun, potensi hujan ekstrem yang disertai petir dan kilat masih terjadi sewaktu-waktu.

"Ketiga terjadi hujan ekstrem yang ditandai petir, sebaiknya berlindung di tempat yang aman, hindari tempat seperti lapangan, di bawah papan reklame, sangat rawan karena menjadi titik sambar petir," kata Hadi.

Menurut Hadi, Bogor merupakan wilayah yang cukup banyak petirnya. Sehari bisa menyambar 100 kali, terutama di musim peralihan intensitasnya tinggi.

"Petir menyambar tidak hanya dari awan ke darat, tapi juga dari awan ke awan," katanya.

Untuk mengantisipasi hujan ekstrem, lanjut Hadi, biasanya ditandai dengan suara petir terlebih dahulu. Jika sudah muncul petir, sebaiknya warga diimbau mencari perlindungan.