Bupati Sigi Hadiri Penanaman Perdana Jagung di Desa Sidondo IV

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri sekaligus melakukan penanaman perdana jagung di Desa Sidondo IV, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (4/6). Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah krisis pangan di tengah pandemi COVID-19,

"Ada beberapa hal yang harus kita pikirkan di tengah pandemi COVID-19, yaitu pertama, terkait dengan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan akibat COVID-19. Kedua, terkait penguatan ekonomi, yakni dengan memanfaatkan lahan-lahan pertanian melalui program pembelian beras dua ton menggunakan dana desa, serta memanfaatkan lahan yang ada dengan target setiap desa menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk ditanami tanaman hortikultura seperti sayur, tomat, rica yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Bupati Irwan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irwan juga menyinggung tingginya angka kasus gagal tumbuh pada anak (stunting).

"Saya berharap seluruh 'stakeholder' berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan stunting ini," harap Bupati Irwan.

Bupati juga berterima kasih kepada camat Sigi Biromaru beserta para kepala desa, khususnya kades Sidondo IV dan kelompok tani yang sudah melaksanakan pogram penanaman perdana jagung ini.

"Kedepannya Kabupaten Sigi secara tidak langsung bisa melakukan penguatan ekonomi dan di sisi lain bisa mengatasi persoalan stunting yang memang menjadi persoalan nasional yang ditindaklanjuti oleh daerah-daerah," ujar Bupati Irwan.

Hadir pula pada kesempatan itu, kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, camat Sigi Biromaru, sekcam Sigi Biromaru, sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru, para penyuluh, serta kelompok tani.