Sekda Natuna: Bimbingan Juga Diperlukan UMKM Selain Modal

Natuna - Selain modal, pemberian bimbingan juga diperlukan oleh UMKM agar bisa lebih produktif.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Boy Wijanarko Varianto, dalam acara Pembukaan Business Matching serta Pelatihan Pengelolaan dan Pencatatan Keuangan

Kepada UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Natuna, bertempat di Aula Pertemuan Hotel Natuna, Rabu (15/12).

Boy mengatakan, sosialiasi ini merupakan bagian dari kerjasama OJK, Pemerintah Kabupaten Natuna, serta Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung dalam Tim Percepatanan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Natuna.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah daerah telah membentuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM.

"Pemerintah saat ini telah membentuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM melalui akses permodalan," ujar Boy Wijanarko Varianto.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan pemahaman dan akses UMKM terhadap produk keuangan khusunya permodalan/pembiayaan.

"Dalam kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan akses UMKM terhadap produk keuangan khususnya permodalan/pembiayaan, pada pagi hari ini bermaksud untuk mempertemukan Bank dan Pegadaian selaku lembaga jasa keuangan yang memiliki produk pembiayaan dengan UMKM," ungkap Boy Wijanarko Varianto.

Hadir dalam acara tersebut pemimpin OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, ­pemimpin BPD Riau Kepri Cabang Natuna, PT Pegadaian cabang Natuna, serta UMKM.