Bupati Tangerang Harap Gateball Semakin Populer

Tangerang - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mendampingi Dirjen Perumahan PUPR membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gateball yang diselenggarakan di Lapangan Bola ITSB Edutown BSD Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Bupati Zaki mengatakan olahraga ini terbilang baru dan diharapkan ke depan bisa semakin populer dan banyak peminatnya. Dia juga berharap agar ke depan banyak atlet yang ikut bergabung dalam cabang olahraga ini.

"Saya harap nantinya banyak atlet-atlet yang tergabung dalam olahraga Gateball. Semoga olahraga ini bisa terus berkembang dengan baik di Kabupaten Tangerang," kata Bupati Zaki, Jumat (17/12).

Gateball adalah olahraga modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport. Olahraga ini pertama kali dikenalkan di Jepang, kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) mengatakan, pelaksanaan kejurnas Gateball ini digelar mulai tanggal 17 sampai dengan 20 Desember di Lapangan BSD City Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.

"Kita gelar di sini karena, akses dan tempatnya sangat representatif. Dukungan dari pemda dalam hal ini Bupati Tangerang juga sangat baik" ungkapnya.

Kejuaraan nasional tahun 2021 ini  diikuti oleh 263 orang dari 25 provinsi dan akan dipimpin oleh 20 orang wasit utama dari berbagai daerah.